Dakar 2023: Sebastian Loeb Sudah Tiba di P2 dan Siap Cetak Rekor Baru, Ini Antisipasi Al-Attiyah

Jum'at, 13/01/2023 22:48 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Perjuangan berat Sebastien Loeb dari P26 di awal Dakar 2023 kini berbuah besar jadi P2 di klasemen sementara. Posisi sama yang ia raih tahun lalu.

Pengendara tim Bahrain Raid Xtreme (BRX) di atas mobil Prodrive Hunter ini memenangi Stage 12, Jumat (13/1). Mengalahkan Mattias Ekstrom, satu-satunya driver tim Audi Sport tersisa setelah dua nama besar, Stephane Peterhansel dan Carlos Sainz, yang sudah out dari kompetisi.

Juga mengalahkan Nasser Al-Attiyah (Toyota Gazoo Racing) yang finish P3. Sayangnya, Loeb hanya mendapatkan keunggulan 3 menit 13 detik yang membuat peluang Loeb menjuarai Dakar 2023 tetap sulit.

"Saya benar-benar happy dengan hasil hari ini. Target kami memang naik ke peringkat 2 klasemen dan berhasil. Performa mobil luar biasa meski kami paksa bermain keras," ucap Loeb yang ikut Dakar Rally sejak 2016 dengan peringkat terbaik 2 kali runner up pada edisi 2017 dan 2022.

Hari ini Loeb naik ke peringkat 2 menggusur driver Brasil Lucas Moraes (Overdrive Racing) yang di Stage 12 ini finish ke-10 dan turun ke peringkat 3 klasemen.

Tinggal dua stage sisa hingga finish pada Minggu (15/1). Al-Attiyah masih unggul 1 jam 27 menit dan 10 detik atas Loeb. Posisi yang benar-benar aman buat Al-Attiyah.

Pereli Qatar ini pun paham betul apa yang harus dilakukan dalam dua hari terakhir. Tak lain adalah bermain aman seperti hari-hari sebelumnya.

"Saya sangat ingin mempertahankan gelar tahun lalu. Akan sangat bagus jika kami bisa finish 5 Besar dalam hari-hari terakhir. Yang paling penting adalah menjaga performa mobil, menghindari kesalahan dan resiko," papar Al-Attiyah soal langkah antisipasinya untuk meraih gelar kali ke-5 di kancah Dakar setelah gelar juara pada 2011, 2015, 2019 dan 2022.

Tapi, ada satu hal penting yang layak dikejar Loeb pada Stage 13 besok. Kemenangan di Stage 12 adalah kemenangan ke-6 atau separoh dari etape yang sudah dijelajahi Dakar 2023. Itu juga kemenangan kelima secara beruntun.

Artinya, Loeb sudah menyamai rekor pereli legendaris Ari Vatanen (Finlandia) yang selama ini jadi satu-satunya orang yang meraih 5 kemenangan stage berturut di event Rally Dakar. 

Jika esok Loeb menang lagi, namanya langsung mewangi sebagai pemegang rekor baru, satu-satunya yang mampu menangi 6 stage berturut dalam sejarah Dakar Rally. (rnp)

 

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar