Dakar 2023: Drama di Skuad KTM, Kevin Benavides Memboyong Trofi Juara ke Argentina di Kelas Motor

Senin, 16/01/2023 00:18 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Hari terakhir Dakar 2023 di Arab Saudi, Minggu (15/1/2023) memang jadi hari penentuan 2 joki pabrikan KTM di puncak klasemen, Toby Price (Australia) dan Kevin Benavides (Argentina). Penentuan juara dimulai dengan selisih hanya 12 detik di garis start.

Tertinggal 12 detik dari garis start membuat Benavides harus gaspol melawan Price. Ia mengaku mengosongkan pikiran dalam kepalanya untuk hanya fokus meraih waktu tercepat dengan keunggulan lebih dari 12 detik.

Tapi, baru melaju 55 km, Benavides memutuskan berhenti untuk.menolkng rekan setimnya di pabrikan KTM, Magthias Walkner (AS) yang kecelakaan parah. Ia habiskan 20 menit berikan pertolongan pertama sebelum tim penyelamat datang ke tengah gurun pasir itu.

Saat sama, rupanya Price kesulitan dengan motornya saat mengubah gaya balapnya menjadi menyerang. Beda dengan gaya sebelumnya yang mengutamakan konsistensi kecepatan. 

"Benar-benar mengecewakan dalam 100 km pertama. Sebaliknya Kevin bermain cemerlang," kata Price yang akhirnya kalah 55 detik di garis finish setelah kejar-kejaran waktu menempuh jarak kompetisi 136 km.

Hasil ini membuat Benavides balik unggul 43 detik di klasemen akhir sekaligus juara Dakar 2023.

Selisih waktu itu diambil panitia setelah memotong waktu terbuang Kevin saat menolong Walkner. Aturannya memang begitu jika seorang pereli berhenti untuk keadaan darurat kemanusiaan sesama peserta.

Terlepas dari hal itu, Benavides memang tampil cemerlang bersama motonya. Gaspol di setiap kilomoter yang ditempuh, tak lain untuk menebus selisih waktu 12 detik tadi.

Dari Km 0 hingga 136, isi kepala saya hanya untuk tercepat. Saya mengendara gila-gilaan. Dan akhirnya tertebus dengan gelar kali kedua di Dakar," cetus Benavides, sang juara 2021 yang kembali memulangkan trofi juara Dakar setelah gagal mempertahankannya di edisi 2022.

Skyler Howes (Pabrikan Husqvarna) yang sempat memimpin 6 hari perlombaan, akhirnya harus puas di peringkat ketiga.ia menemani kedua rider KTM itu ke podium. Ia tak kecewa. Tak ada alasan kalah di arena sekeras Dakar Rally karena banyak hal yang bisa berubah sangat cepat.

"Setidaknya saya pulang membawa trofi. Senang berada di podium bersama para legenda seperti Toby dan Kevin. Saya juga happy menjadi biker AS kelima yang bisa podium di kancah Dakar," ucap Howes. (rnp)

TERKINI
Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu Pembalap Honda Alex Palou Puncaku Klasemen IndyCar Series 2024 Jelang Series Historis Indy 500 di Indianapolis