Micro Sleep Dapat Sebabkan Kecelakaan Fatal

Minggu, 10/01/2016 05:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Dalam sebuah penelitian yang di demonstrasikan oleh program tv “Brain Games” di National Geographic terungkap ilustrasi, kurangnya jam tidur atau tidak tidur selama 30 jam lebih akan berakibat pada timbulnya micro sleep yang dapat sebabkan kecelakaan fatal.

Dalam serangkaian tes, orang yang tidak tidur lebih dari 30 jam akan terganggu konsentarsinya untuk mengetahui jarak, estimasi durasi dan yang lebih celakanyanya lagi akan mengalami micro sleep.

Micro sleep adalah tindakan reflek dari mata dan tubuh yang sepersekian detik tak kuasa menahan kantuk hingga kehilangan daya tahan tubuh untuk fokus dan terjaga meskipun sedang melakukan sesuatu. Dalam kata lain tubuh akan mematikan kekuatan fisik ( otot dan syaraf) untuk tidak aktif, dalam beberapa saat.

 Hal inilah yang diilustrasikan dalam tampilan video yang dapat disaksikan. Saat berkendara, tertidur 10 detik saja pastinya akan berdampak kepada kecelakaan yang vital, begitu juga dengan orientasi jarak. Pernah disampaikan oleh Jusri Palubuhu bahwa jam tubuh untuk berkendara idealnya tidak lebih dari 5 jam atau tubuh akan merasa stress dan berpotensi kepada kurangnya konsentrasi.

Jadi jangan sekali-kali mencoba berkendara saat anda tidak tidur sama sekali lebih dari 30 jam, walaupun anda merasa masih mampu, karena dapat menimbulkan micro sleep yang dapat sebabkan kecelakaan fatal.  

 

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2