Winter Endurance Championship 2016 Balap Ketahanan Ala Belanda

Minggu, 10/01/2016 15:09 WIB

mobilinanews (Belanda) - Awal tahun 2016 bukan hanya Reli Dakar saja yang menjadi headline utama ajang motorsport dunia. Melainkan ada balap ketahanan digelar Asian Le Mans di Buriram, Thailand dan ada lombaan balap ketahanan agak unik di sirkuit Zanvoort, Belanda (8-10/1).

Event itu bernama New Year Race.  Ajang balap mobil ketahanan ini masuk dalam kalender tahunan Winter Endurance Championship, sebuah balap ketahanan digelar tahunan sebagai ganti perayaan tahun baru.

Tidak mengundang pabrikan-pabrikan besar, melainkan modifikator dan klub-klub balap amatir balapan akan berlangsung selama 240 menit (4 jam).

Karena mengundang klub-klub balap amatir di Belanda,  jangan heran kalau mobil balapnya kebanyakan berstatus sebagai mobil balap touring car.  Seat Leon TCR, Renault Clio sampai mobil yang mengaspal di ISSOM Sentul seperti BMW E30/E36 juga ikutan di dalamnya.

Hanya saja mereka juga beradu dengan mobil-mobil sport seperti Renault RS01, Porsche 911 dan mobil super ringan Radical SR.

Kebanyakan peserta yang ikutan menganggap balapan ini hanya sebagai pemanasan untuk ajang kejurnas balap mobil Belanda. Hanya saja sebagian lagi untuk senang-senang saja sebagai hobby melepas penat pada akhir pekan saja.
Boleh juga tuh. (Teks Berto Pramadya)

TERKINI
Mengungkap Spesifikasi BYD Seal 06 DM-i: Teknologi Hybrid Terbaru dengan Fitur Canggih PO TAM Tambah 10 Unit Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 Untuk Mendukung Bisnis! Perluas Ekspansi Pasar, Goodyear Kini Punya Toko Online di e-Commerce April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia!