WRC 2023 Monte Carlo: 9 Kali Juara, Perally Toyota Gazoo Racing Sebastien Ogier Ukir Sejarah!

Senin, 23/01/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Monte Carlo) - Tercepat 9 dari total 18 SS di Monte Carlo, perally Toyota Gazoo Racing Sebastien Ogier meraih kemenangan ke-9 kalinya. Sebuah rekor bergengsi. Dan, kemenangan perdana bagi Vincent Landais sang co-driver.

Unggul 27,5 detik di akhir SS17, Ogier benar-benar cari aman di SS terakhir (18) yang juga arena power stage dengan bonus poin. Ia fokus pada kemenangan saja.

"Kemenangan di Monte Carlo selalu saya impikan dari dulu. Kali ini tak terlalu penting bonus poin di power stage," kata juara dunia WRC 8 kali itu.

"Ini juga sangat menyenangkan bagi Vincent, meraih kememangan pertamanya. Kami masih memerlukan momen kemenangan seperti ini. Itu sebabnya saya masih berada di sini, untuk menorehkan kemenangan bergengsi. Memenangi reli seperti Monte, itu tak ternilai bangganya," ucap driver tim Toyota Gazoo Racing itu yang hanya tampil di beberapa seri musim ini seperti tahun lalu.

Di akhir lomba, juara dunia bertahan Kalle Rovanpera sukses memenangkan power stage atau SS terakhir dan mendapatkan bonus 5 poin.

Itu membuat kedua pembesut Yaris GR Rally1 itu bercokol di puncak klasemen sementara WRC 2013 dengan poin 26 dan 23.

"Saya harus happy di urutan kedua overall mengingat rapatnya persaingan. Ini sudah sangat bagus," komentar Rovanpera yang baru kali ini naik podium di Monte Carlo, dua edisi sebelumnya hanya P4.

Peringkat ketiga ditempati Thierry Neuville (Hyundai), satu-satunya joki pabrikan Korea itu yang sukses memenangi SS di Monte Carlo.

"Kami sudah kerahkan semua kemampuan, tapi kami lebih lemah soal.ban dibandingkan yang lain. Sekarang kami menatap Swedia (seri kedua pada 9-12 Februari)," ujar Neuville yang pulang membawa 17 poin.

Yang tak kalah gembira adalah Ott Tanak dengan tim barunya, M-Sport Ford meski finish di urutan 5 di bawah Elfyn Evans (Toyota Gazoo Racing). Ia dapat 14 poin.

"Ini start yang bagus di awal musim. Setidaknya kami mendapatkan poin kali ini, tidak seperti tiga tahun sebelumnya," kata Tanak menyindir penampilannya bersama Hyundai pada 2020 hingga 2022. (rnp)

 

 

 

TERKINI
PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat GAC Aion V Generasi ke-2 Siap Tampil di Indonesia, Terlihat Macho dan Semakin Canggih