Siasati Suplai Listrik Pada Perangkat Audio Biar Nggak Tekor

Senin, 11/01/2016 09:33 WIB

mobilinanews (Jakarta) -  Penambah perangkat audio dalam mobil sudah menjadi tren tersendiri bagi pencinta car audio. Akan tetapi mobil yang mengaplikasi  seabrek perangkat audio tentu membutuhkan arus listrik ekstra dan stabil. Tidak cukup  mengandalkan pasokan arus listrik dari aki saja.

Lukito Tjitra dari Innnovation Car Audio, Jakarta, berbagi pengalamannya seputar kelistrikan dalam membangun tatanan car audio yang berkualitas. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya suplai arus yang dibutuhkan seluruh perangkat bisa terpenuhi.

Sumber listrik pada mobil, ungkap Lukito,  berasal dari altenator ke baterai atau aki sebagai penyimpan daya. Hal yang harus diperhatikan dari altenator ke baterai adalah arus yang disalurkan. Sebab aki bawaan pabrik  hanya mampu mensuplai arus listrik sebatas keperluan yang ada pada mobil standar.

“Untuk itu,wajib dilakukan pergantian atau penambah kabel aki maupun alternator dengan ukuran yang lebih besar. Semakin besar ukuran kabel aki maupun alternator semakin bagus karena memudahkan  mengalirkan arus listrik,” jelas Lukito kepada mobilinanews.

Selanjutnya lakukan penambahan kabel ground dan gunakan kabel yang lebih besar agar arus listrik yang diperlukan tetap stabil. Tak hanya itu, kapasitas ampere pada aki juga mesti diperhatikan  agar aki tidak ngedrop.

“Misal tertera 270 ampere maka kebutuhan aki Anda sekitar 300 ampere. Jangan sampai lebih karena akan memberatkan kerja altenator,” tutup pria yang pernah mencatat rekor MURI dengan dB tertinggi di ajang Sound Figther kelas 1 sub, 2015 lalu.

Mau instal atau sekedar konsultasi seputar car audio, bisa langsung sambangi Innovation Car Audio di Taman Surya 3 blok h1 / 9, Kalideres, Cengkareng, Jakarta Barat. Telepon 085811228999-081295958999. (Teks dan Foto Yacob)

audio

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda