Tes MotoGP 2023: KTM Sembunyikan Kekuatan, Top Speed Yamaha Makin Membaik

Senin, 06/02/2023 21:09 WIB

mobilinanews (Malaysia) - Yamaha tetap tercepat dalam lanjutan shakedown test MotoGP 2023 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Senin (6 Februari 2023). Di sisi lain, seperti kemarin, tim pabrikan KTM masih menutupi kemampuan sesungguhnya RC16 spek 2023.

Tes khusus buat para test rider dan pembalap rookie ini memang hanya pengenalan dan memastikan mesin baru tak bermasalah untuk digunakan para pembalap regular dalam tes resmi pekan depan di trek sama.

Meski demikian ada topik menarik dari kubu Yamaha. Terkait top speed M1 yang dalam dua tahun terakhir jadi keluhan Fabio Quartararo. Juara dunia 2020 itu hanya punya satu permintaan buat Yamaha, yakni tambahan top speed agar bisa mengimbangi Ducati dan Honda di trek lurus.

Satu-satunya juara dunia MotoGP asal Prancis itu malah sempat mengancam kabur ke tim lain jika permintaannya tak ada progres.

Dan, dalam tes ini, tester Cal Crutchlow mampu menambah catatan top speed Yamaha M1 2023 sebesar 0,1 km per jam dibandingkan rekor top speed M1 di Swpang. Sangat kecil jika dibandingkan defisit selama ini yang mencapai kisaran 5-7 km per jam.

Kecil, tapi itulah kali pertama Yamaha mampu menambah top speed-nya. Sayangnya,  lap time Crutchlow saat mencetak top speed itu justru lebih lambat 2 detik dari best lap Quartararo di Sepang.

Penantian menariknya adalah seberapa positif pemgembangan top speed M1 2023 saat digeber langsung oleh Quartararo pada twa 10-12 Februari nanti? Apakah ia puas karena ada progres atau masih akan ngedumel?

Topik lain yang jadi buah bibir adalah aksi tester KTM Dani Pedrosa yang menolak pasang tansponder pada motornya. Artinya, ia dan KTM sengaja menyembunyikan kecepatan sssungguhnya RC16 dengan alasan yang tidak dijelaskan. Transponder adalah alat yang mencatat lap time pembalap di garis finish, terhubung langsung ke race control dan monitor televisi yang langsung bisa dilihat semua orang.

Beberapa pihak, termasuk tester tim rival, yakini catatan waktu eks pembalap Repsol Honda itu lebih baik dari waktu teecepat yang ditorehkan Yamaha. Lslakuan Pwdrosa dan KTM ini jelas menjadi misteri tersendiri, karena tester lainnya, Jonas Folger, memasang transponder di semua lap-nya.

Manajer Tim Red Bull KTM Francesco Guidotti menyebut hal itu adalah permintaan Pedrosa tanpa menyebut alasan atau tujuannya.

Motor itu selanjutnya akan diuji oleh Brad Binder dan pembalap.baru KTM 'muntahan' tim Ducati, Jack Miller. Mereka yang bakal memastikan apakah kecepatan RC16 memang lebih dari yang saat ini dipertontonkan. (rnp)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap