3 Penyebab Busi Bocor Dan Antisipasinya

Selasa, 12/01/2016 12:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Tahukah anda busi bisa alami kebocoran yang dapat sebabkan asupan kelistrikan bermasalah dan performa mesin akan menurun. Seharusnya arus listrik dari icnition coil dipercikan ke electrode ground jadi terpecik ke isulator luar busi, yang artinya ada asupan kelistrikan yang terbuang. Berikut ini adalah 3 penyebab busi bocor berikut langkah antisipasinya.

  1. Tegangan koil terlalu tinggi yang dapat sebabkan lonjakan listrik lebih besar
  2. Salah memilih busi serta penutup, dimensi busi dengan tutup yang tidak cocok maka tidak dapat menahan percikan listrik.
  3. Tutup busi sudah rusak, tutup busi berfungsi menahan percikan listrik.

Ketiga hal tersebut patut diantisipasi karena dapat menurunkan performa mesin dan busi. Antisipasi pertama yaitu melakukan pengecekan koil tidak melebihi spesifikasi tegangan kelistrikan mobil. Periksa kode tutup busi dan sesuaikan dengan kode  busi standar. Periksalah kondisi tutup busi apakah masih dalam kondisi baik dan tidak retak. Bila terdapat kerusakan segera ganti tutup busi.

 “Busi bocor jelas harus segera diantisipasi agar tidak ada efek jangka panjang. Satu hal lain yang perlu dilakukan yaitu pastikan penggunaan busi sesuai peruntukan mobil atau motor yang anda gunakan, mintalah petunjuk tipe busi kepada sales agar penggunaannya tidak salah arah,” ujar Wahyu Anjas Noveri Marketing PT NGK Busi Indonesia kepada mobilinanews.

TERKINI
PO TAM Tambah 10 Unit Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 Untuk Mendukung Bisnis! Perluas Ekspansi Pasar, Goodyear Kini Punya Toko Online di e-Commerce April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia! Tips Membeli Mobil dengan Sistem Kredit, Pertimbangkan Aspek-Aspek Ini Agar Aman dan Tenang