Februari 2016, Balapan Liar di Jakarta Legal

Selasa, 12/01/2016 23:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Sebuah wacana untuk melegalkan aksi balapan liar di Jakarta sedang digodok serius oleh pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggandeng Pemkot DKI Jakarta, Dinas Pemuda dan Olahraga serta PP Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Hal ini dibahas dalam sebuah diskusi yang berlangsung di Aula Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, hari ini, Selasa (12/1). Tujuannya demi mengantisipasi dampak negatif yang lebih luas lagi akibat aksi balapan liar tersebut, selain juga memfasilitasi bakat-bakat pebalap jalanan.

"Balap liar ini sudah menjadi gangguan keamanan, kelancaran dan ketertiban. Kita ingin menyalurkan minat dan bakat remaja-remaja kita untuk berprestasi. Namun, tidak melalui penindakan hukum, tapi dengan memfasilitasinya," tegas Kombes Pol. Risyapudin Nursin, Dirlantas Polda Metro Jaya seperti dikutip dari Otomotifnet.com.

Bentuk pelaksanaannya sendiri akan dibuat seperti "Car Free Night", sementara untuk regulasinya akan dipercayakan kepada PP Ikatan Motor Indonesia (IMI).

"Kami tidak bisa bekerja sendiri, maka dari itu kami undang para pemangku kebijakan lainnya untuk ikut bekerja sama membangun wadah dalam mengakomodir balap liar. Nantinya, bisa diredam kegiatan yang membahayakan tersebut, bagi generasi muda," lanjut Kombes Pol. Risyapudin.

Wacana untuk melegalkan balapan liar ini diharapkan bisa diterapkan dalam waktu secepatnya. Bahkan dari keterangan yang disampaikan oleh Kombes Pol. Risyapudin, kemungkinan bulan Februari depan sudah bisa berjalan.

"Polisi akan melakukan rekayasa arus. Kita maunya ini langsung action. Mungkin di bulan Februari," pungkasnya.  

Daerah yang akan dijadikan tempat atau lokasi balapan sudah ditetapkan. Untuk wilayah Jakarta Timur di sekitar kawasan TMII, Jakarta Pusat di Asia Afrika, Kemayoran (Jl Benyamin Sueb) dan Jakarta Selatan di wilayah Lenteng Agung.

Nah, bila masih ada yang melakukan balapan di luar wadah balapan tersebut, pihak kepolisian akan langsung menindak tegas.  

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda