Dukung kendaraan listrik, Perusahaan Anak Bangsa Siapkan Sistem Penukaran Baterai

Rabu, 22/02/2023 01:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kendaraan listrik di Indonesia semakin mendapatkan momennya dengan adanya dukungan kuat dari pemerintahan Joko Widodo. Terbitkannya Perpres no 55 tahun 2019 mengenai kendaraan listrik membuat pasar Tanah Air kini disambangi banyak merek kendaraan listrik.

Selama 4 tahun ini peningkatan penjualan kendaraan listrik terus meningkat, tercatat penjualan tahun 2022 mencapai 28 ribu unit. Akan tetapi, pertumbuhan penjualan motor
listrik masih terkendala infrastruktur pengisian batere.

Pada gelaran IIMS 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat Rakata Motorcycle sebagai salah satu merk kendaraan listrik ternama di tanah air berkolaborasi dengan perusahaan manufaktur komponen otomotif Dharma Controlcable Indonesia (DCI) untuk mengembangkan sistem tukar baterai untuk mensupport motor listrik.

Mulai tahun 2023, lokasi penukaran baterai tersebut ditargetkan akan tersebar di semua wilayah Jakarta dan selanjutnya secara bertahap dipasang di semua kota besar di Indonesia.

"Dengan adanya kerjasama ini, kami optimis akan meningkatkan minat masyarakat untuk membeli kendaraan listrik yang ramah lingkungan karena berkendara motor listrik menjadi semakin nyaman," ujar Presiden Direktur PT Dharma Controlcable Indonesia, Eko Maryanto beberapa hari lalu.

Gebrakan DCI selaku perusahaan nasional di bidang otomotif tidak hanya di stasiun penukaran baterai karena saat ini DCI juga telah memproduksi Lithium Battery Pack terutama type Lithium NMC 811 yang merupakan teknologi battery terkini.

"Kerjasama ini merupakan milestone penting Rakata Motorcycle dalam mencapai visi untuk memproduksi motor listrik RAKATA dengan TKDN tinggi," ungkap Michael Mahendra, Direktur Rakata Motorcycle.

TERKINI
Perluas Ekspansi Pasar, Goodyear Kini Punya Toko Online di e-Commerce April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia! Tips Membeli Mobil dengan Sistem Kredit, Pertimbangkan Aspek-Aspek Ini Harga Toyota Calya Bekas Kini di Bawah Rp100 Juta, Rekomendasi Mobil Murah dan Muat Banyak