Pameran IIMS 2023 Bersama IBG Business Matching Buka Peluang Pengembangan Potensi Kemaritiman di Pulau Seribu

Kamis, 23/02/2023 01:08 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 merangkul semua stakeholder untuk memajang produknya. Tak hanya mobil, motor dan aftermarket, kali ini mereka juga memberikan ruang luas bagi produk kapal tempel yang mensupport insutri pariwisata bahari di Tanah Air.

Seiring berkembangnya industri pariwisata bahari, Indonesia Boating Gathering (IBG) turut hadir di IIMS 2023 yang memberikan kesempatan terciptanya sinergitas dari para stakeholder maritim dan para konsumen potensialnya.

Di ajang ini, untuk pertama kalinya IBG Business Matching dilaksanakan pada (21/2) menyelenggarakan acara jaringan bisnis yang dihadiri oleh pemerintah business owners, industry leaders, business and industry associations, dan industry experts.

Board of Supervisor Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI), Firman Santoso mengatakan melalui acara bertajuk jaringan bisnis itu, mereka ingin mendorong transportasi laut yang nyaman untuk Pulau Seribu termasuk memaksimalkan potensi laut pulau tersebut.

“Kami melihat ada beberapa masalah infrastruktur, wilayah, kesehatan, dan transportasi publik di Kepulauan Seribu. Harapannya penelitian yang kami lakukan, CMSI bersama dengan UNTAR dan Perencanaan Kota ini bermanfaat bagi pemerintah kabupaten dan masyarakat kepulauan seribu,” Firman Santoso di JIExpo, kemarin.

IBG Business Matching 2023 ini sekaligus sebagai momentum penyerahan laporan penelitian penataan pemukiman pulau panggang yang disusun oleh tim Perencanaan Kota dan Real Estate Universitas Tarumanegara dan CMSI kepada Bupati Kepulauan Seribu.

Sebagai hasil dari penelitian yang merupakan aset dan rekomendasi pembangunan Kepulauan Seribu, Bupati Kepulauan Administrasi Kepulauan Seribu Junedi menyampaikan rasa terima kasih dan menyambut baik atas kolaborasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan kawasan maritim yang lebih tertata rapi.

Pulau Seribu merupakan kawasan DKI Jakarta dimana kawasan kepulauan tersebut luasnya hingga 10 kali daratan DKI Jakarta (5 wilayah kota). Pulau Seribu memiliki 113 pulau yang terdiri dari pulau pemukiman resort, arkeologi, dan pulau private milik perorangan.

Bupati Kepulauan Administrasi Kepulauan Seribu. Junedi mengatakan dengan kolaborasi ini, nantinya kapal boat bisa digunakan sebagai transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakatnya.

“Melihat pameran ini, saya sangat tertarik yang nanti boat tersebut dapat digunakan sebagai transportasi antar pulau, mengingat jarak antar pulau yang cukup jauh, saya rasa ini akan sangat membantu ekonomi pariwisata di Kepulauan Seribu," tuturnya.

Kepulauan Seribu memiliki potensi besar karena dedkat dengan ibu kota. Apalagi pada tahun 2017 presiden sudah menetapkannya sebagai Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) dan dinyatakan sebagai 10 Bali Baru.

"Bahkan saat ini juga ditetapkan oleh Menko Ekonomi sebagai proyek strategi praiwisata nasional, proyek percepatan pembangunan nasional dan kawasan pasarkan kepada para pengusaha yang ada di pulau seribu,” ujar Junedi.(erwin)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda