F1 2023 Bahrain: Bertekad Lebih Agresif Kejar Red Bull dan Ferrari, Mercedes Pasang Wing Baru di W14

Kamis, 02/03/2023 20:44 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Tahun ini Lewis Hamilton tak masuk list favorit dalam pertarungan perebutan gelar juara dunia F1 2023. Mercedes pun cepat berbenah.

Isu porpoising yang sepanjang musim lalu menghajar W13 memang sudah hilang pada spek W14 yang meluncur tahun ini. Itu satu hal yang disyukuri Hamilton dan George Russell. Tapi, dari sisi performa, kedua driver Inggris itu kudu urut dada. Kecewa. 

Dalam tes pra musim di Bahrain lalu, keduanya tak berkutik mengimbangi RB19 besutan Max Verstappen (Red Bull) yang masuk sebagai favorit untuk meraih gelar tahun ini, gelar ketiga berturut setelah 2021 dan 2022.

Tak hanya itu, melawan Ferrari pun mobil tim pabrikan Jerman ini masih lemah. Bahkan riskan juga bila berhadapan dengan tim Aston Martin yang mesinnya tak lain adalah Mercedes.

Kegalauan Hamilton direspons cepat oleh timnya. Kamis (2 Maret 2023), W14 terlihat didandani dengan sayap belakang yang sangat berbeda dengan saat tes.

Perangkat baru itu terlihat di garasi tim Mercedes saat persiapkan diri ikut GP Bahrian pada akhir pekan ini.

Direktur Teknik Mercedes Mike Elliott mengakui timnya mengubah beberapa bagian W14 menuju race pembuka serial balap F1 2023. Yang paling disorot adalah sayap baru di belakang mobil itu.

"Ya, ini sayap yang akan kami gunakan untuk mengejar defisit waktu dengan rival," katanya seperti dikutip dari thetelegraph.

Desain baru ini disebut-sebut akan mengurangi efek downforce dan saat sama akan memberikan dorongan kecepatan lebih agresif saat digeber Hamilton dan Russell.

Bakal seperti apa kenyataannya akan terlihat pada sesi Free Practice (FP1) pada Jumat (3/3) pagi waktu Bahrain.

Performa Mercedes dalam beberapa race awal musim 2013 sangat krusial buat Hamilton. Tak hanya jadi indikator awal untuk menakar peluangnya membuat rekor baru meraih 8 gelar juara dunia, tapi juga jadi pertanda penting untuk memutuskan pensiun atau tidak di akhir tahun. (rn)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap