F1 2023: Max Verstappen dan Charles Leclerc Soroti Fernando Alonso, Ditunggu di Podium

Jum'at, 03/03/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Dalam usianya yang ke-41 tahun, performa Fernando Alonso masih menggiurkan di lintasan balap F1. Ia diprediksi tarung di zona podium pada GP Bahrain, 3-5 Maret 2023 ini.

Tak cuma pengamat, Max Verstappen (Red Bull) dan Charles Leclerc (Ferrari) pun mengaku penasaran dan tak sabar melihat penampilan Alonso dalam race sesungguhnya.

"Perkembangan mereka sangat positif. Mereka sangat bergairah dan ambisius dengan mendatangkan banyak teknisi bagus dan pengemudi sekelas Fernando. Menarik menunggu dimana bakal posisi mereka, tak hanya di sini ( Bahrain) namun juga pada beberapa race berikutnya," komentar Verstappen.

"Sangat jelas potensi yang mereka miliki. Saya kira mereka bisa fight di baris depan," timpal Leclerc.

Semua anggapan itu berasal dari konsistensi kecepatan Alonso saat ngetes AMR23 saat tes pra musim di Bahrain pekan lalu. Ia langsung mencuri perhatian sejak hari pertama tes karena bisa mengimbangi fastest lap milik Verstappen. Hanya selisih 0,029 detik.

Padahal itulah kali pertama Alonso membesut AMR23 setelah di akhir musim 2022 pindah dari tim Alpine. Ini sekaligus membuktikan proses adaptasi juara dunia 2005 dan 2006  itu begitu cepat di atas mobil Aston Martin yang menggendong mesin Mercedes.

Disebut sebagai calon penghuni podium GP Bahrain, Alonso tetap merendah.

"Kami baru menguji paket lengkap mobil dalam tes, belum teruji dalam race. Kami puas dengan hasil tes, tapi podium bukanlah target saat ini. Perlu beberapa race untuk menilai kemampuan mobil sesungguhnya," ucap pembalap Spanyol yang juga berpengalaman tanding di ajang IndyCar, LeMans, bahkan Rally Dakar itu.

Hasil tes pra musim memang tak bisa sepenuhnya jadi parameter memprediksi hasil GP Bahrain. Apalagi tim yang buruk dalam tes seperti Mercedes langsung gerak cepat mengubah desain mobilnya untuk race pembuka 2023 ini.

Meski begitu, tentu juga komentar pengamat, Verstappen dan Leclerc layak digarisbawahi. Dan, bakal semakin menggiurkan jika Alonso akan jumpa Lewis Hamilton (Mercedes) dalam berebut tempat ke podium itu. (rn)

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag