F1 2023 Bahrain: Dikalahkan Adik Tiri, Mercedes Segera Ganti Konsep Pengembangan Mobil Hamilton

Minggu, 05/03/2023 12:52 WIB

mobilinanews (Bahrain) - Mercedes gerak cepat dengan niat mengubah konsep pengembangan Mercedes W14 besutan Lewis Hamilton dan George Russell. Sepulang dari GP Bahrain akan ada perombakan besar.

Hasil dalam 3 hari tes pra musim, 3 sesi latihan resmi dan 3 tahap kualifikasi di Bahrain cukup jadi pertimbangan pabrikan Jerman itu untuk segera berbenah sebelum sangat terlambat. Jangankan tim Red Bull dan Ferrari yang sejak awal ingin diserang, ternyata melawan tim Aston Martin pun tak mampu.

Ironisnya, pemasok mesin AMR23 adalah Mercedes. Setengah dari mobil yang digeber Fernando Alonso yang bikin kejutan sejak awal tes adalah 'satu darah' dengan W14.

Mereka saudara tiri karena power unit, girboks, suspensi dan berbagai peranti lainnya made in Mercedes. Tim ini juga diberi akses memanfaatkan fasilitas wind tunnel milik Mercedes yang canggih.

"Ya, mobil mereka adalah separo dari tubuh kami. Tapi, hanya dalam waktu 6 bulan mereka memperoleh keuntungan 2 detik. Mercedes ikut senang. Tapi, tujuan kami adalah berkompetisi, dengan mobil yang kompetitif," ujar bos Meecedes Toto Wolff seusai kualifikasi GP Bahrain yang menempatkan posisi start Alonso di depan duet Russell dan Hamilton.

Wolff memastikan W14 tak akan bisa bersaing dalam perebutan gelar jika tak ada perubahan konsep signifikan.

"Tahun lalu kami memulai musim dengan keterringgalan 0,6 detik. Tahun ini kani start dengan defisit 0,6 detik. Itu kenyataannya," sebut pria Austria itu kepada awak media.

Ia menegaskan para insinyur Mercedes sudah kerja keras membangun W14 sejak tahun lalu dan sesuai target pengerjaan. Tapi, saat diadu di lintasan, ternyata itu sama sekali tak cukup. Ia menilai salah satu sisi lemah W14 adalah downforce yang belum ideal. 

Itu sebabnya di FP3 Mercedes menyediakan set up berbeda untuk mobil Hamilton dan Russell. Yang satu tinggi, satunya rendah. Data yang diperoleh, katanya, akan sangat berguna pada tahap pengembangan berikutnya.

"Kami sama sekali belum menemukan downforce yang cukup. Kini kami hanya perlu duduk kembali bersama para teknisi untuk menentukan arah pengembangan selanjutnya. Tak lain untuk mendapatkan mobil yang sanggup memenangkan balapan."

Tahun lalu Mercedes terseok-seok dengan konsep W13. Hamilton sama sekali tak pernah memenangi balapan meski beberapa kali naik podium bersama Russell. Satu-satunya kemenangan W13 diraih Russell di GP Brasil.(rn)

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen