F1 2023: Lewis Hamilton: "Saya Seorang Petarung, Tak Menyerah dan Tetap Di Sini"

Rabu, 08/03/2023 22:57 WIB

mobilinanews (Inggris) - Juara dunia F1 7 kali Lewis Hamilton curhat ke media soal kegagalan Mercedes di seri pembuka kompetisi F1 2023, GP Bahrain. Ia menyebut Mercedes abaikan masukannya untuk membangun W14.

Tahun lalu seri W13 gagal total dengan raihan hanya 1 kemenangan oleh George Russell. Kemenangan jelang akhir musim di GP Brasil itu membuat para teknisi Mercedes yakin penyakit W13 sudah dalam taraf penyembuhan.

Karena itu pula konsepnya diteruskan untuk membangun W14 yang digunakan ke musim 2023. Termasuk lanjutan pengembangan sidepod ramping dan tipis yang di awal musim 2022 dinilai trobosan baru.

"Saya membeberkan beberapa masalah di W13 dan beri masukan pada untuk mobil W14," kata pembalap top Inggris itu kepada Radio BBC5.

Rupanya masukan Hamilton diabaikan. W14 jauh dari predikat kompetitif di Bahrain. Hamilton hanya finish P5 di belakang pembalap Red Bull, Aston Martin (yang ironisnya adalah tim penyewa mesin Mercedes) dan Ferrari. Ia finish dengan selisih waktu 50,9 detik dari RB19 besutan Max Verstappen.

"Saya sudah nyetir begitu banyak jenis mobil sepanjang hidup saya. Saya tahu persis apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak dibutuhkan. Tapi, mereka tak mendengarkan Anda."

Meski begitu, katanya, masih banyak waktu membenahi W14 sebagaimana juga sudah ditegaskan Team Principal Mercedes Toto Wolff dengan mengubah konsep pengembangannya. Hamilton tegaskan hanya butuh kerja keras dan saling support antara dirinya dengan para insinyur pabrikan Jerman itu.

Beberapa pengamat, termasuk para juara F1 asal Inggris macam Damon Hill dan Jenson Button, lantas menyebut potensi kepergian Hamilton sebagai buntut kegagalan Mercedes menyediakan mobil kompetitif sejak tahun lalu. 

Kontrak Hamilton di Mercedes selesai pada akhir 2023. Sejauh ini belum ada tanda-tanda perpanjangan kontrak untuk 2014.

Menanggapi analisa kedua seniornya, Hamilton berkomentar enteng kalau mereka itu hanya menciptakan rumor karena sesungguhnya mereka tak tahu apa-apa.

"Saya seorang petarung. Tak akan menyerah terlepas tahun ini kami gagal atau tidak. Saya di Mercedes sejak umur 13 tahun dan akan tetap di sini."

"Saya petarung dan akan bertarung bersama tim. Dan, saya menyukai tantangan ini," tegasnya. (rn)

 

 

TERKINI
GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition PT BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan PT Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus