Subaru Levorg, Station Wagon Ketiga Ikut BTCC

Jum'at, 15/01/2016 11:50 WIB

mobilinanews (Inggris ) - Balap mobil turing identik dengan aksi balap mobil sedan melawan hatchback. Dengan regulasi yang tidak memberatkan biaya, para pabrikan bisa merancang mobil-mobil balapnya agar sesuai dengan kocekpembeli mobil.

Berbeda dengan balap turing lainnya, British Touring Car Championship (BTCC) atau kejurnas balap turing Inggris merelakan mobil-mobilnya melakukan aksi berbahaya untuk menghibur penonton tapi masih dianggap aman karena diatur regulasi balap.

Hal itulah yang membuat Subaru ikut serta dalam ajang BTCC. Melalui tim asal Inggris, BMR menurunkan sebuah mobil yang tidak lazim pada ajang balap mobil.

Yup, Subaru Levorg akan dipakai  balap pertama kalinya pada BTCC musim 2016. Managing Director Subaru Inggris Paul Tunniclife menyatakanseperti yang dikutip dari Touringcartimes. “Kami senang bisa mengikuti balap bersama tim BMR,ini pertama kalinya Subaru ikut BTCC," ungkapnya.

Subaru Levorg sendiri merupakan versi station wagon pengganti Subaru Impreza WRX wagon yang terakhir diproduksi medio 2008. Layaknya Impreza WRX Sti, mobil ini juga dipersenjatai mesin boxer berkapasitas 2000cc twin turbo dan diprediksi tenaga yang dihasilkan adalah 300 dk sesuai regulasi BTCC.

Hanya saja mobil ini akan turun sebagai mobil penggerak roda belakang ketimbang gerak 4 roda seperti Impreza pada umumnya. "Walaupun mobil ini terlahir denganpakem gerak 4 roda tapi dengan penggerak baru ini kami jamin bisa kompetitif di ajang BTCC," tambah Paul.

Sebelumnya ada 2 mobil  yang pernah ikut serta di BTCC dengan wujud station wagon yakni Volvo 855 pada 1994 dan Honda Civic Tourer di 2014.

Sebagai pebalapnya, tim BMR menurunkan juara 2014 Colin Turkington dan veteran Jason Plato yang sudah malang melintang di ajang BTCC. Pada musim lalu berada di posisi kedua klasemen akhir dan Colin keempat klasemen.

Kontrak tim BMR dengan Subaru berjalan 3 tahun dan mereka mempersiapkan mobil dalam mengikuti sesi tes beberapa minggu setelahnya. (Teks Berto Pramadya)

Keyword : btccsubaru

TERKINI
Raih Trofi Juara Pertama TCR Asia International Series 2024, Benny Santoso : Alhamdulillah Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV Tutup Ajang PEVS 2024 dengan Gemilang, MG Raih Penghargaan Favorite Big MPV untuk MG Maxus 9