Bom Sarinah Thamrin Apakah Masuk Klausul Asuransi Mobil?

Jum'at, 15/01/2016 14:24 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Kejadian terror bom bunuh diri yang terjadi Kamis (14/1) dipelataran parkir Starbuck Coffe menyumbangkan banyak kerugian termasuk kendaraan yang terkena dampak bom seperti Daihatsu Sirion yang terparkir tepat disamping pelaku bom. Lantas kejadian bom Sarinah Thamrin apakah masuk dalam klausul asuransi mobil?

Merujuk pada klausul asuransi all risk secara umum, kejadian bom terror masuk dalam kategori huru hara yang tidak tertanggung di dalam jaminan dasar (comprehensive) namun masuk sebagai jaminan perluasan.

“Untuk asuransi standar huru-hara atau tindak terorisme tidak termasuk klausul, harus melakukan perluasan jaminan. Perluasan jaminan akan mengcover kejadian yang disebabkan oleh bencana alam seperti longsor, gempa bumi dan banjir. Begitu juga dengan kejadian huru-hara seperti terjebak demo atau tindak kejahatan terorisme dan sabotase,” ujar Ukhir, marketing Asuransi ACA kepada mobilinanews (15/1).

Perluasan jaminan khususnya kejadian seperti kejadian terror bom Sarinah Thamrin kemarin proses klaimnya tidak jauh berbeda dengan klaim asuransi standar. Lalu bagaimana jika mobil harus disita oleh kepolisian guna pengembangan penyelidikan lebih lanjut?

“Pada prinsipnya yang penting pemilik polis segera melaporkan kerugian yang disebabkan oleh tindakan terorisme, setelah tercatat pihak asuransi akan membantu mengurus penarikan kendaraan dan menjelaskan status mobil yang diasuransikan kepada pihak kepolisian,” pungkas Ukhir lagi.

Ditekankan olehnya, asuransi ACA memberikan layanan Derek mobil gratis serta mobil pengganti jika mengambil produk asuransi tertentu. Bagaimana menurut anda, apakah perlu menambahkan perluasan jaminan agar tidak takut atas serangan terorisme.

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda