MotoGP 2023 Portugal: Bravo Marc Marquez, Selamat Datang Kembali di Start Baris Depan!

Sabtu, 25/03/2023 19:55 WIB

mobilinanews (Portugal) - Welcome back Marc! Itu sambutan sangat layak menyikapi aksi mengejutkan Marc Marquez selaku peraih pole position GP Portugal, Sabtu (25 Maret 2023).

Terseok-seok sejak tes pra musim, tak ada yang unggulkan Marc Marquez menjadi pole sitter. Beberapa menit jelang kualifikasi ke-2, Marquez sendiri pun ragu bisa bersaing dengan para joki Ducati yang jumawa sejak tes Sepang maupun Portimao. 

Pasalnya, rider Honda ini masih kesulitan dengan geberan RC213V-nya. Ia gagal masuk 10 Besar di dua sesi latihan awal, membuatnya tak lolos otomatis ke kualifikasi Q2. Berjuang di Q1, ia dan kru teknis Honda mengubah set up motornya dan tercepat di sesi itu sehingga lolos ke Q2.

Masuk ke Q2 dengan setingan motor yang sama, Marquez langsung jadi buah bibir. Bukan lagi kegagalan demi kegagalan yang jadi topik pembicaraan, tapi justru sukses mengejutkan yang ia raih karena sukses menyingkirkan juara dunia bertahan Francesco Bagnaia (Ducati) dan Jorge Martin (Pramac Ducati). Ia unggul 0,064 detik dan meraih pole position.

Pole yang sangat berharga. Pole perdana di era sprint race di kancah MotoGP. Ya, malam ini format baru MotoGP dimulai dengan sprint race dan Marquez menjadi pole sitter mengawali era baru ini. 

Seperti diketahui, pada sesi Sabtu di semua race tahun ini, pembalap melakoni balap mini seusai sesi kualifikasi, yakni sprint race yang berlangsung setengah dari jumlah lap race utama.

Karena GP Portugal berdurasi 25 laps maka pada sprint race perdana ini pembalap harus berjibaku dalam 12 laps. Masing-masing pembalap pun diganjar setengah dari distribusi poin dari balap utama. Poin ini akan masuk dalam hitungan kejuaraan di klasemen.

Beda dengan sprint race di F1 yang pemenangnya akan jadi pole sitter di balapan utama, di MotoGP tak demikian.

Selain untuk sprint race, Marquez juga otomatis jadi pole sitter dalam main race GP Portugal pada Minggu besok.

"Itu yang membuat saya bangga pada diri sendiri. Meraih pole position untuk sprint hari ini dan balapan besok. Saya tak tahu bagaimana nantinya rivalitas dalam race sengan jumlah lap yang banyak. Kita lihat saja, yang pasti saya mulai merasa nyaman di atas motor," kata Marquez yang gaya balapnya sudah tampak kembali, dengan mengambil posisi tubuh miring di atas motor sementara motornya berjalan tegak di racing line.

"Saya tak tahu, benar-benar tidak tahu. Saya tak bisa jelaskan situasinya. Kemarin kami terpuruk, hari ini tiba-tiba berbalik," jawab juara dunia MotoGP 6 kali itu saat ditanya darimana ia mendapatkan kecepatan spektakular itu.

Di sisi lain, Bagnaia mengaku tak kecewa meski gagal menjadi pole sitter perdana untuk sprint race. Ia menyebut kegagalannya akibat terhambat pembalap lain saat flying lap terakhirnya, lap dimana Marquez mencetak waktu terbaiknya.

Sprint race berlangsung malam ini pukul 22.00 WIB. Menarik karena semua pembalap menggunakan ban sama (soft tyre), dengan jumlah bahan bakar sama, dan tekanan angin pada ban yang juga sama.

Selain Marquez dan Bagnaia, posisi front row Jorge Martin juga layak dinanti. Ia tipe pembalap yang acap bagus pada 10-15 lap awal sebelum tergerus oleh daya tahan ban seperti tahun lalu. Jadi, untuk tarung 12 lap maka anak muda Spanyol ini tampaknya bisa jadi lawan sepadan buat Marquez dan Bagnaia.

"Saya menanti sprint race ini, akan sangat menarik buat pembalap dan terlebih fans," kata Marquez yang sejak awal memang seruju dengan format sprint race yang disorongkan Dorna agar lebih menarik penonton pada hari Sabtu.

Tentu ada juga pembalap yang tidak setuju seperti Fabio Quartararo (Yamaha) dan Pol Espargaro (GasGas). Dianggap hanya akan menguras enerji pembalap dan resiko yang ditanggung lebih banyak. Dan, konyolnya, tambahan tugas itu tak mendapat ganjaran materi tambahan dari tim. (rn)

10 Besar Untuk Grid Sprint Race dan Main Race GP Portugal

POS#RIDERGAP

1

93

M. MARQUEZ

1:37.226

2

1

F. BAGNAIA

+0.064

3

89

J. MARTIN

+0.228

4

88

M. OLIVEIRA

+0.295

5

43

J. MILLER

+0.323

6

23

E. BASTIANINI

+0.358

7

12

M. VIÑALES

+0.372

8

72

M. BEZZECCHI

+0.390

9

10

L. MARINI

+0.396

10

5

J. ZARCO

+0.654

TERKINI
Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Benny Santoso Raih Trofi Juara Pertama TCR Asia Series 2024, Piala Pertama Balapan International Hyundai dan Grab Salurkan Alat Batu Gerak dan Kursi Roda Kepada Penyandang Disabilitas Wuling Ajak Komunitas Rasakan Sensasi dan Kenyamanan Berkendara Cloud EV