ARRC 2023 Buriram : Trio Rheza, Veda dan Herjun dari Astra Honda Racing Team Kuasai Podium Kelas AP250 Race 1

Sabtu, 25/03/2023 22:08 WIB

mobilinanews (Buriram) - Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) berhasil menunjukkan dominasinya pada ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Production (AP) 250 race pertama dengan menduduki seluruh podium.

Kemenangan ini mengantarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang pada balapan perdana ARRC 2023 di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Sabtu (25/3/2023) hari ini.

Juara 1 ditempati Rheza Danica Ahrens, juara kedua Veda Ega Pratama dan juara ketiga Herjun Atna Firdaus.

Pada kelas AP250, para pembalap AHRT mengawali jalannya balapan dengan mengisi grid terdepan (posisi 3 besar). Hasil dari sesi kualifikasi di pagi hari.

Sesaat setelah start, Rheza Danica Ahrens yang start dari posisi kedua langsung melesat memimpin balapan dan terus menjaga ritme dengan apik hingga balapan selesai.

Sementara itu, pembalap pendatang baru di kelas AP250 ARRC, Veda Ega Pratama, memulai jalannya balapan dari posisi kedua dan sempat mendapatkan perlawanan ketat dari pembalap lain.

Namun saat memasuki lap kedua, Veda dapat melepaskan diri dari rombongan dan terus membuntuti Rheza hingga finish. Rheza kesatu, Veda kedua.

Berbeda dengan 2 rekan setimnya, Herjun AF yang start sebagai pole position terus mendapat tekanan dari pembalap tuan rumah sepanjang balapan berlangsung. Dan, ketatnya persaingan membuatnya harus berjibaku untuk bisa menenyentuh garis finish sebagai juara ketiga.

Dengan pencapaian ini, AHRT berhasil melakukan sapu bersih podium race pertama kelas AP250.

Pada kelas Supersport (SS) 600, M Adenanta Putra yang baru pertama kali turun di kelas ini, mengawali start dari posisi ke 10. Sedangkan rekan setimnya, Gerry Salim yang kembali memperkuat AHRT, dari posisi ke-11.

Kedua rider asal Jawa Timur ini terus berjuang meningkatkan posisinya. Gerry mampu menyelesaikan balapan dengan finish ke-5, sementara Adenanta ke-8.

"Saya sangat menikmati balapan pertama di ARRC ini. Selepas start, saya mencoba menjaga kecepatan tetap stabil lap demi lap. Pada race 2, saya akan menghadapi tantangan yang lebih karena harus menjalani ride through penalty akibat insiden selepas start. Semoga balapan tetap dapat berjalan dengan baik dan saya bisa mempertahankan penampilan terbaik," ungkap Veda Ega Pratama, anak ajaib di ajang balap dan putra mantan pembalap Sudarmono ini.

"Alhamdullillah, saya raih podium 1 pada race 1 . Sebenarnya rasa percaya diri saya mulai tumbuh sejak sesi official test, FP dan Qualifikasi. Saya meraih waktu konsisten dan kompetitif. Saya hanya berusaha menjaga konsentrasi agar tidak melakukan kesalahan sendiri. Usaha saya berhasil pada race 1. Terima kasih team mekanik yang sudah menyiapkan CBR250RR dengan baik. Kemenangan ini modal bagus. Sekarang saya fokus race 2 esok," ujar Rheza Danica.

"Sebenarnya saya mendapat modal bagus yaitu pole position hasil terbaik di sesi kualifikasi. Saya sangat yakin bisa melesat. Tapi pada race 1, balapan berjalan tidak sesuai rencana. Saya justru terjebak pada pertarungan rapat perebutan podium 3. Akhirnya, saya berhasil mengamankan 3 podium untuk Astra Honda. Race kedua besok, saya akan berusaha tampil lebih kuat," terang Herjun AF, rider asal Pati, Jawa Tengah ini. (hilary)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh