MotoGP 2023: Oliveira Jadi Pembalap Ke-4 Yang Absen di GP Argentina, Hukuman Marc Marquez Otomatis Hangus

Selasa, 28/03/2023 10:53 WIB

mobilinanews (Portugal) - Kabar tak sedap kembali menghampiri pembalap top Portugal Miguel Oliveira. rider tim RNF Aprilia itu dipastikan tak bisa gabung di GP Argentina. Ia jadi pembalap ke-4 yang absen pada seri kedua MotoGP 2023 ini.

Ia menjalani pemeriksaan medis menyeluruh pada Senin (27/3) pagi waktu Portugal. Hasilnya, ada beberapa cidera yang ternyata lebih parah dari dugaan.

Setelah berembuk, pada sore harinya manajemen tim RNF Aprilia memutuskan Oliveira sebaiknya tak ikut ke Argentina.

Dalam rilisnya, tim tak menyebut bentuk cidera sesungguhnya yang dialami. Tapi,  tak tampil di Argentina dinilai opsi terbaik untuk recovery.

"Ia dipersiapkan turun balapan lagi di GP Austin, Amerika. Dan, ia komit untuk kembali fight dalam kejuaraan," bunyi rilis tim yang beredar.

Oliveira menjadi korban ke-4 GP Portugal yang dipastikan absen pada GP Argentina pekan depan. Ia menyusul Marc Marquez (Honda) yang menjadi penyebab Oliveira celaka, Enea Bastianini (Ducati) dan Pol Espargaro (Tech3 GasGas).

Perkembangan lain adalah seputar hukuman FIM buat Marquez berupa double long lap penalty. Dengan ketidakhadirannya di GP Argentina maka hukuman tersebut hangus dengan sendirinya. 

Dikutip dari the-race.com, penalti buat Marquez harus dijalankan di GP Argentina sebagaimana tertulis dalam keputusan para stewards MotoGP di Portugal. Tidak berlaku pada race  lainnya karena tertulis pelaksanaannya di Argentina.

Jurnalis the-race menyebut sudah mengkonfirmasi hal tersebut ke Dorna Sports selaku pemilik event MotoGP. Dan ketentuan itu dibenarkan.

"Ketentuannya ya seperti apa yang tertulis," tulis media motorsport kondang itu tanpa menyebut siapa orang Dorna yang jadi sumbernya.

Sejauh ini belum ada klarifikasi dari Dorna maupun FIM. Yang jelas hal ini jadi polemik karena Marquez dan timnya sudah memutuskan tak ikut GP Argentina. (rn)

 

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok