MotoGP 2023 Spanyol: Sensasi RC16 Berlanjut, Brad Binder Kembali Juara Berkat Jasa Dani Pedrosa

Sabtu, 29/04/2023 22:34 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Duet pembalap Red Bull KTM, Brad Binder dan Jack Miller, sukses meneruskan sensasi yang sebelumnya ditorehkan tester Dani Pedrosa di sesi latihan. 

Pasangan rider Afrika Selatan dan Australia itu dominan dalam sesi sprint race pada Sabtu (29/4/2023) di Sirkuit Jerez, Spanyol. Agresif di garis start, keduanya langsung menyalip Aleix Espargaro (Aprilia) yang berangkat dengan status pole sitter. 

Sayang keduanya gagal menghasilkan finish 1-2 yang pastinya akan bersejarah buat pabrikan Austria itu. Miller bikin kesalahan di akhir balapan sehingga bisa disalip Binder dan Francesco Bagnaia (Italia/Ducati).

Meski begitu, double podium sudah merupakan pencapaian istimewa buat KTM, terlebih Miller yang meraih podium perdananya bersama KTM.

"Ini hari yang hebat buat tim. Saya sangat nyaman di atas motor. Berharap hal sama terulang besok pada balapan utama," kata Binder.

Mendapuk 12 poin, posisi Binder naik tiga level di klasemen sementara MotoGP 2023. Kini ia berada di posisi ke-6 dengan torehan 42 poin. Tertinggal 23 angka dari Marco Bezzecchi (VR46 Ducati) yang masih memimpin klasemen dengan total poin 65. Sedangkan juara dunia bertahan Bagnaia tetap di P2 dengan 62 angka.

Miller sendiri berada di P11 dengan tabungan 33.

Pedrosa yang tampil lewat jalur wild card menyudahi sesi sprint race di posisi finish ke-6. Namun, peran dan jasa Pedrosa sama sekali tak bisa dikesampingkan oleh Binder dan Miller untuk raihan podium mereka.

Set up RC16 mereka relatif lebih mudah dan terarah berkat masukan Pedrosa yang sebelumnya sudah menguji aero kit baru KTM di trek sama. Selanjutnya, tester dan development rider KTM itu jadi pembalap tercepat di FP1. 

Binder mengakui sukses P1 itu tak lepas dari pengembangan yang dibuat tim dan Pedrosa. Panduan yang diberikan eks pembalap Repsol Honda itu sangat membantu Binder dan pastinya juga Miller untuk mengontrol laju RC16 di trek Jerez yang berliku.

Masukan Pedrosa jadi basis setingan RC16, hanya tinggal disesuaikan dengan rasa nyaman Binder dan Miller.

Hasil ini membuat kepercayaan diri skuad KTM menuju main race pada Minggu (30/4) semakin tinggi. Tak ada isu negatif pada motor. Dengan kata lain hanya perlu melanjutkan apa yang sudah dirintis Pedrosa. 

Binder dan Miller akan berjibaku mencoba meraih kemenangan perdana KTM di musim kompetisisi 2023. Sedangkan Pedrosa tetap dalam peran sebagai pembalap pengembang, tanpa target podium atau juara.

Seperti ia sebut sebelumnya, main race esok ia gunakan untuk mempelajari situasi saat berada di depan pembalap lain dan sebaliknya saat lakukan slipstream di belakang pembalap lainnya.

Ia akan pelajari apa yang bisa menguntungkan dan apa kelemahannya, yang nantinya akan jadi bekal Binder dan Miller melakoni serial balap berikutnya. (rn)

 

 

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak