Siap-Siap, Kawasaki Bakal Hadirkan Motor Bebek Terbaru Untuk Pasar Roda Dua di Asia

Senin, 01/05/2023 10:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kawasaki dan Perusahaan Modenas Malaysia bekerja sama membangun sebuah motor baru yang mereka sebut Supermoped. Kehadiran model motor ini cukup mengejutkan karena Kawasaki jarang bermain di segmen tersebut.

Berdasarkan desain yang diperlihatkan model sepeda motor tersebut tampak memikat dengan kerangka model motor underbone yang biasanya ditenagai dengan mesin kecil antara 100cc hingga 125cc.

Pengembangan moped ini menjawab kebutuhan pasar di segmen ini yang tak pernah sepi di pasar Asia. khususnya di negara-negara Asia seperti Indonesia,Thailand, Malaysia, dan Filipina. Apalagi segmen motor entry-level mulai naik kelas dengan kehadiran moped dengan performa sepeda motor 150cc semakin populer.

Dengan demikian, tidak mengherankan jika pemain dominan di pasar sepeda motor Asia membangun platform supermoped tidak hanay untuk kepentingan jualan, tetapi menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan motor yang lebih luwes dan berpeforma mengatasi berbagai medan.

Yang terbaru adalah Kawasaki, mereka bermitra dengan perusahaan Malaysia Modenas. Aliansi antara Team Green sebutan akrab Kawasaki dan Modenas sudah berlangsung lama. Dalam proyek ini, mereka meluncurkan model premium moped di Malaysia.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh jurnal otomotif Malaysia Pandu Laju, supermoped baru dari Kawasaki dan Modenas saat ini sedang menjalani pengujian, dan siap untuk segera diproduksi di Malaysia, Mereka belum memastikan apakah motor tersebut akan dihadirkan untuk pasr negara lain.

Sejauh ini, Kawasaki mengungkap bahwa mereka tidak memiliki apa-apa selain rendering yang ditampilkan untuk memanaskan pasar. Jelas bahwa produk moped ini akan terlihat jauh berbeda dari konsep yang terinspirasi dari Kawasaki Z1000 ini.

Meskipun demikian, mengingat popularitas supermoped dari brand mapan lainnya seperti Yamaha dan Honda, Kawasaki dan Modenas merasa sudah saatnya mereka juga mengembangkan moped untuk para pecinta produk mereka.

Menurut laporan RideApart, moped baru tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat. Namun mereka terus mengembangkan model ini sesuai dengan tren dan kebutuhan yang disesuikan dengan pasar yang dituju.

CEO Modenas, Roslan Roskan, mengungkap kemungkinan motor baru mereka dengan Kawasaki itu akan diluncurkan pada tahun 2025. Namun waktu tersebut tidak menutup pelauncuran yang lebih cepat.

Dalam hal performa, model motor garapan Modenas dan Kawasaki yang baru akan ditenagai oleh mesin berkapasitas 150cc hingga 175cc. Agar kompetitif, motor ini akan dibelali dengan teknologi seperti pendingin cair, timing katup variabel, dan bahkan mungkin camshaft overhead ganda. (erwin)

TERKINI
Mengenal Sea Lion 07 yang Resmi Diluncurkan, SUV Revolusioner dari BYD dengan Teknologi Canggih Trump Berjanji Membatalkan Aturan Promosi Kendaraan Listrik Biden Mazda CX-5: Eksklusivitas dan Keunggulan dalam Sebuah SUV, Bikin Brand Korea Minder Hyundai Motor Indonesia Gelar Program Roda Keberuntungan, 12 Unit Mobil Listrik IONIQ6 Hadiahnya