Volkswagen Siapkan Mobil Listrik, Ada Nama Tiguan yang Siap Nyetrum Pasar

Rabu, 03/05/2023 09:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Volkswagen terus mengembangkan mobil listriknya agar tidak ketinggalan dengan merek lainnya. Berkaitan dengan itu, mereka meluncurkan tiga SUV listrik baru di bawah strategi model ID.

Hal ini sebagai langkah maju CEO Thomas Schäfer mengatakan ketiga SUV baru ini dirancang pembuat mobil asal Jerman untuk menyebarkan model listrik yang lebih luas di segmen pasar utama Eropa.

Melalui fondasi Volkswagen ID 4 dan Volkswagen ID 5, keduanya akan ditingkatkan menjadi mobil elektrik yang lebih bertenaga pada tahun ini. Mobil-mobil itu sebelumnya telah menerima facelift yang diupgrade dari fungsi interior digital yang lebih kontemporer pada awal 2024.

Termasuk dalam rencana, SUV listrik Volkswagen adalah akan mendorong sepasang crossover baru yang laris yakni satu berukuran sedang dan yang lainnya jauh lebih kecil.

Adapun keduanya ditujukan untuk segmen volume tradisional, ditambah varian atas yang mewah dan sangat canggih yang akan berfungsi sebagai model baru untuk jajaran EV seluruhnya.

Volkswagen Tiguan baru juga dikabarkan akan menerima elektrifikasi meskipun ia masih memiliki desain eksterior lebih tradisional dibadingkan ID 4 dan ID 5, yang direncanakan untuk diluncurkan tahun 2025.

Meski model baru belum dibuka secara detail, Volkswagen menawarkan pilihan penggerak roda belakang dan penggerak AWD dengan tata letak interior standar lima kursi dan opsional tujuh kursi.

Basis dari SUV listrik kelas menengah Volkswagen yang akan datang adalah arsitektur MEB+ baru, yakni versi pengembangan lebih lanjut dari struktur MEB yang menjadi andalan pabrikan Jerman itu.

“MEB masih memiliki banyak potensi. Tujuan kami adalah untuk membawa platform ini ke level berikutnya,” tukas Schäfer.

Untuk mencapai ini, mereka akan berinvestasi secara substansial dalam meningkatkannya. Selain itu, ada juga MEB+ berada dalam posisi yang sangat baik untuk tahun-tahun mendatang.

Volkswagen merencanakan MEB+ akan mengadopsi teknologi sel baterai terpadu baru, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2025.

Ini sekaligus menunjukkan bahwa Tiguan listrik tidak akan diluncurkan sebelum pertengahan dekade ini.

TERKINI
Panduan Lengkap Jual Mobil Bekas dengan Sukses Denza Z9 GT Versi PHEV Siap Diluncurkan di Pasar Eropa Bulan Ini Buruan, Simak Beragam Promo Menarik Motor Honda Bulan Ini BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X-55 Hadir Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia, Simak Spek dan Keunggulannya