Honda dan POSCO Kolaborasi Kembangkan Baterai Mobil Listrik yang Ramah Lingkungan

Jum'at, 05/05/2023 01:05 WIB

mobilinanews (Tokyo) – Honda Motor Co., Ltd terus berkomitmen mengembangan kendaraan listriknya. Mereka tidak ingin ketinggalan dalam persaingan di dunia elektrifikasi, karena itu berbagai pengambangan termasuk baterai terus digencarkan.

Terbaru, Honda mengumumkan untuk menjalin kerjasama bisnis dengan POSCO Holdings Inc. (POSCO) adalah perusahaan pengembang baterai kendaraan berbasis elektrifikasi yang cukup populer yang menjadi partnernya.

Honda dan POSCO memanfaatkan kekuatan masing-masing perusahaan untuk mengembangkan teknologi lingkungan dalam mempercepat inisiatif menuju netralitas karbon. Partnership ini diharapkan agar dapat menjamin semua kebutuhan baterai mereka.

Kerjasama tersebut meliputi sektor pengembangan teknologi baterai dan teknologi daur ulang dimana membentuk sistem daur ulang loop tertutup yang akan memanfaatkan bahan baterai reklamasi.

Selanjutnya, mereka juga melakukan pengembangan lembaran baja tarik yang berkontribusi pada pengurangan bobot kendaraan serta lembaran baja otomotif yang diproduksi melalui proses yang mengurangi emisi gas rumah kaca.

Selain itu pengembangan juga meliputi penerapan lembaran baja listrik dalam produksi massal motor penggerak untuk e-Axle (penggerak gandar listrik). Dengan kombinasi itu, mereka yakin semua dukungan terhadap kendaraan listrik akan masksimal.

CEO Global Honda, Toshihiro Mibe mengatakan bahwa mereka telah mengumumkan target untuk mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk Honda dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050, sehingga semuanya harus segera berjalan.

"Kami percaya bahwa perluasan kemitraan kami dengan POSCO, yang memiliki keahlian luas di bidang bahan baterai, daur ulang, dan baja lembaran dan baja listrik sheet, akan membantu kami lebih mempercepat strategi elektrifikasi kami,” kata Toshihiro Mibe melalui keterangan resminya.

Chairman of POSCO Holdings Inc, Choi Jeong-Woo menambahkan bahwa, Honda telah menjadi mitra strategis kami dalam bisnis baja, dan kami senang dapat memperluas sistem kerja sama kami ke bidang material baterai.

"Kami berharap bahwa “rangkaian nilai penuh” Grup POSCO untuk bahan baterai, yang mencakup bahan dasar seperti litium dan nikel, bahan katoda dan anoda, bahan baterai masa depan, dan daur ulang, akan sangat membantu strategi Honda untuk mengembangkan listriknya dalam bisnis kendaraan,” tutupnya.

TERKINI
Pentingnya Memiliki Asuransi Motor: Perlindungan dan Keamanan Finansial Turnamen Futsal FORWOT 2024, Wadah Olahraga dan Interaksi Positif di Industri Otomotif Indonesia Paguyuban Motor 4,5 Persen SiPalingPaham Turut Meriahkan The Distinguished Gentleman Ride 2024 di Jakarta: Kita Semua Sama Grup Motor Super Ugal Sunmori dan Kunjungi Warung Solo di Kemang: Parkirannya Luas Banget