Masalah Baterai, Jeep Recall 2.564 Unit Mobil Wrangler 4xe

Kamis, 11/05/2023 00:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pabrikan mobil asal Amerika, Jeep kembali mengeluarkan pengumuman penarikan 2 ribuan mobil Jeep akibat cacat baterai bertegangan tinggi pada beberapa model Jeep Wrangler 4xe 2022-2023.

Ppenarikan tersebut dilakukan pada kendaraan plug-in hybrid off-roader yang populer di pasar. Pabrikan mobil, melansir Carscoops, menyampiakan bahwa model yang terkena dampak mungkin memiliki pengencang yang salah pada fungsi sekring berdaya 200 amp.

Tercatat bahwa periode malfungsi baterai itu dimulai pada 10 Januari 2022, dan berakhir pada 20 September 2022. Data internal mencatat bahwa pengencang yang tidak berfungsi optimal dapat menyebabkan resistansi tinggi pada sekering 200 amp, sehingga menghasilkan panas yang tidak sesuai.

Jeep mencatat bahwa panas yang berlebihan pada sekring dapat menyebabkan sekring gagal bekerja, dan akhirnya memicu hilangnya tenaga penggerak yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Pemilik model Wrangler 4xe dapat mengetahui masalah tersebut dari lampu indikator yang tidak berfungsi, perubahan kemampuan berkendara, atau kebisingan pada rakitan paket baterai HV.

Investigasi pertama kali diluncurkan pada Februari tahun ini ketika pabrikan mobil menerima laporan tentang masalah sekering yang meleleh di baterai tegangan tinggi Wrangler 2022.

Setelah itu, mereka menerima laporan kedua dengan masalah yang sama, sehingga mereka membuat investigasi lebih jauh untuk memastikan kondisi riil Wrangler 4xe 2022-2023 yang kemungkinan mendapat masalah yang sama.

Meskipun Jeep hanya mengetahui dua laporan lapangan tentang masalah sekering yang meleleh dan belum menerima klaim garansi apa pun, Jeep telah mengeluarkan penarikan keselamatan sukarela untuk 2.564 model Wrangler 4xe di Amerika Serikat.

Dealer dan pemilik kendaraan yang terkena dampak akan diberitahukan tentang penarikan kembali pada atau sekitar 16 Juni 2023. Dealer akan memeriksa sekering baterai HV untuk pengencang yang benar dan jika ditemukan pengencang yang salah, sirkuit rakitan sekering akan diganti.

Pada kondisi ekstrem, jika terjadi hangus atau perubahan warna pada sekering, Jeep akan mengganti seluruh rakitan paket baterai HV. Sementara pemilik yang sebelumnya telah membayar untuk memperbaiki cacat sekering mobilnya, maka Jeep akan mengganti uang perbaikannya.

Penarikan itu juga mencakup 220 paket baterai yang ditawarkan oleh Mopar yang mungkin juga memproduksi sekering 200 amp dengan instalasi baterai yang salah.(erwin)

TERKINI