Haridarma Manoppo Jelaskan Tujuan Track Walk Sebelum Balap GT4 Asia di Thailand

Kamis, 11/05/2023 08:01 WIB

mobilinanews (Buriram) - Sebelum melakoni balap GT World Challenge Asia pada Sabtu dan Minggu (13-14/05/2023) di Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand, Haridarma Manoppo, pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia, turut melakukan track walk yang digelar pada Rabu (10/05/2023).

Menurutnya, ritual track walk yang ia lakukan tersebut bertujuan untuk mengenal karakter lintasan sepanjang 4,5 kilometer ini. Terlebih, ia juga belum pernah melakukan balap di sirkuit tersebut. Sehingga, kegiatan track walk dapat dimanfaatkan untuk melihat seperti apa karakter dari sirkuit tersebut..

"Jadi pas track walk itu, kita melihat keadaan trek, apakah lintasan itu bersih atau enggak. Biasanya di tikungan yang di luar racing line banyak kerikil dan sisaan ban kecil-kecil," ungkap Haridarma Manoppo.

Tidak sebatas itu saja, namun saat track walk tersebut ia juga melakukan sharing dengan engineer dan rekan satu timnya dari Jepang, Seita Nakano. Beberapa hal yang didiskusikan tersebut adalah terkait beberapa hal kecil lainnya.

"Tadi kiga juga memperkirakan gear positition yang pas saat melibas tikungan, sehabis itu kita juga memperkiraan racing line ambilnya seperti apa. Saya juga tukar pikiran sama team mate, ternyata team mate saya ini sama-sama baru untuk balapan di sirkuit ini," tambah Haridarma.

Dalam kesempatan tersebut pula, Haridarma Manoppo turut mempelajari beberapa hal terkait karakter lintasan secara detail.

"Melihat sudut kemiringan lintasan, lalu kita juga melihat mana corner yang bisa di cut, lalu mengecek ketinggian dan ketebalan kerb, dan perkiraan titik pengereman," tandasnya.

Dalam balapan GT World Challenge Asia ini, Haridarma Manoppo bakal menggeber Toyota GR Supra yang telah dimodifikasi dan sesuai dengan regulasi FIA untuk kategori GT4.

Ubahannya turut meliputi bagian eksterior, interior sampai remap mesin agar mampu memberikan hasil yang maksimal. (sya)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag