WRC 2023 Portugal: Toyota dan Kalle Rovanpera Main Keras, Hanya 2 Hal Ini Bisa Gagalkan Juara

Minggu, 14/05/2023 08:27 WIB

mobilinanews (Portugal) - Final day Rally Portugal pada Minggu (14/5) ini hanya menyisakan 4 Special Stage (SS). Start dengan keunggulan 57 detik, hampir pasti Kalle Rovanpera akan memetik kemenangan perdananya di WRC musim 2023.

Keunggulan telak juara dunia bertahan itu diperoleh lewat permainan keras sepanjang Leg 2 yang berakhir Sabtu (13/5) tengah malam waktu lokal atau Minggu (14/5) dinihari WIB. Ia langsung gaspol dan memenangi 4 SS awal (9 hingga  12) dengan keunggulan waktu signifikan. Satu fastest time berikutnya diperoleh pada SS14.

Artinya, juara dunia WRC termuda itu memenangkan 5 dari 7 SS kemarin. Dua SS lain 'diberikan' untuk Dani Sordo (Hyundai). Dari 15 SS yang sudah dihelat, Rovanpera di atas Toyota Yaris GR Rally1 sudah memenangi 8 SS di Rally Portugal. 

Dengan keunggulan 57,5 detik mengawali SS16 pada siang hari ini, bisa dibilang hampir pasti trofi utama Rally Portugal jadi milik perally Finlandia berusia 22 tahun itu, sama seperti kemenangan tahun lalu.

Hanya dua hal yang bisa menggagalkan kemenangannya, yakni kesialan atau kebodohan besar di kokpit mobilnya. Tentu joki tim Toyota Gazoo Racing itu sangat paham artinya dan bagaimana mencegahnya.

"Ini saatnya saya bermain aman karena apa saja bisa terjadi pada trek yang banyak kerikilnya. Tak mudah tapi saya harus memenej waktu dan saat sama menghindari kesalahan seminim mungkin," katanya.

Ya, mengelola keunggulan waktu adalah strategi terbaik untuk dilakukan pada 4 SS sisa. Kalaupun ia 'menyumbang' waktu 10 detik per SS, ya tetap saja ia bakal juara Portugal. Karenanya tak.lagi perlu gaspol untuk hindari resiko. Apalagi Sordo bukan rivalnya di jalur kejuaraan dunia. Kecuali di power stage karena di situ ada bagi-bagi bonus poin untuk 5 Besar tercepat.

Jika bensr juara, Rovanpera akan menyalip dua seniornya di Toyota, Sebastien Ogier dan Elfyn Evans, di papan klasemen sementara WRC 2023. Ogier absen di seri ini, sementara Evans sudah retire sejak hari pertama seri Portugal.

Untuk saat ini jelang SS16, Rovanpera menjadi pemimpin klasemen sementara dengan total poin 94. Ogier dan Evans (masing-masing 69 poin) terlempar ke posisi 4 dan 5. Digantikan Ott Tanak (M-Sport Ford) dan Thierry Neuville (Hyundai) dinP2 dan 3 dengan total poin 75 dan 73.

Komposisi angka ini hanya akan berubah tergantung apa yang terjadi pada 4 SS terakhir hari ini. Juga bergantung pada hasil power stage.

Betul, segala sesuatunya bisa berubah sebelum lomba benar-benar selesai. Karena itu Rovanpera berharap sukses menghindari dua hal tadi: kesialan dan kebodohan.

"Hari ini kami bernasib sangat baik. Semoga Minggu esok juga jadi hari baik kami," harapnya usai melakoni SS15 kemarin sembari jalan pulang menuju kem Toyota Gazoo Racing. (rn)

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda