WRC 2023 Portugal : Sekali Menang, Kalle Rovanpera Perally Toyota Gazoo Racing Langsung Memuncaki Klasemen

Minggu, 14/05/2023 21:49 WIB

mobilinanews (Portugal) - Menjuarai Rally Portugal yang berakhir Minggu (14/5) adalah kemenangan perdana Kalle Rovanpera di serial WRC sejak menjadi juara dunia 2022 di Rally Selandia Baru tahun lalu. Ia kini memimpin dengan keunggulan 17 poin.

Tak seperti rencana semula untuk bermain aman, perally tim Toyota Gazoo Racing itu ternyata tak sepenuhnya mengendurkan serangan. Ia tetap gaspol dan memenangi 2 dari 4 SS terakhir. Total ia memenangkan 10 dari 19 SS yang terhampar di reli ini yang sepenuhnya gravel.

Rovanpera mengakhiri 4 hari lomba dengan keunggulan 54 detik atas Dani Sordo (Hyundai). Posisi podium ketiga jadi milik joki tim Hyundai lainnya, Esepekka Lappi.

Mendapuk poin penuh, Rovanpera yang tadinya P3 di klasemen kejuaraan dunia kini naik ke posisi pemimpin sementara. Menggusur rekan setimnya sesama penggenjot Yaris GR Rally1, Sebastien Ogier yang absen di Portugal dan Elfyn Evans yang retire sejak hari pertama seri kelima WRC ini.

Yang menguntit Rovanpera saat ini adalah mantan joki Toyota dan Hyundai, Ott Tanak, yang kini membesut mobil tim M-Sport Ford. Juara dunia 2019 hanya sanggup finish P4 di Portugal. Sedangkan P5 dihuni perally utama Hyundai Thierry Neuville.

"Akhirnya kami kembali ke tempat yang kami inginkan. Ini penantian yang sangat panjang. Saya harus berterima kasih kepada Jonne (Halttunen, navigatornya)," kata Rovanpera yang musim lalu juga juara di Portugal.

Baru 5 dari 13 jadwal WRC tahun ini digelar. Kompetisi masih panjang, karena itu Rovanpera tak ingin terlalu jauh bicara soal peluang mempertahankan gelar tahun ini. Unggul 17 angka di klasemen belum menjamin apa pun untuk kejuaraan.

Ya, komposisi di klasemen memang masih ketat. Rovanpera memimpin dengan poin 98, diikuti Tanak (81), Ogier dan Evans (69), Neuville (68), Lappi (49) dan Sordo (36). 

Dalam kejuaraan manufaktur, Toyota semakin kokoh di atas dengan total poin 201. Unggul telak atas Hyundai dan Ford yang masing-masing punya tabungan 169 dan 134 poin.

Putaran WRC, atau seri keenam, berlangsung di Rally Sardegna, Italia, pada 1-4 Juni 2023. (rn)

 

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap