Belum Dapat Hasil Optimal, Perjuangan Setiawan Santoso Terkendala Settingan Mobil

Selasa, 16/05/2023 01:08 WIB

mobilinanews (Thailand) - Setiawan Santoso harus puas dengan hasil balap seri perdana GT World Challenge Asia 2023 yang berlangsung di Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand.

Pembalap Indonesia yang bernaung di bawah Earl Bamber Motorsport dan bertarung di kategori GT3, menjelaskan saat ini timnya memang belum mendapatkan settingan yang pas untuk mobil. Maklum, mobil balap Porsche 992 ini merupakan generasi terbaru, sehingga riset dan pengembangan masih terus dilakukan.

"Sangat banyak kendalanya, karena belum sempat set up mobil sama sekali. Kita ini balap sambil set up, makanya agak berantakan," jelas Setiawan Santoso, di sela-sela balapan.

Oleh karenanya, pada sesi latihan resmi yang digelar Jumat (12/5/2023), ia sempat mengalami insiden di atas lintasan. Beruntungnya, saat kejadian tersebut ia tidak melakukan kontak dengan pembalap lain.

"Makanya pas latihan resmi, saya sempat spin dan menghantam barrier. Dan cuacanya juga berubah-ubah karena dari kering dan hujan padahal kita butuh set up mobil yang sama sekali belum disetting," tambah Setiawan.

Meski ada kesempatan melakukan set up mobil saat sesi latihan berbayar, namun hal tersebut masih belum optimal. Menurutnya ada sedikit handicap bagi tim untuk melakukan pengembangan terkait mobil baru Porsche 992 ini.

"Meski ada paid practice, tetap tidak cukup karena mobilnya ini generasi terbaru 992 jadi butuh waktu untuk mrlakukan penyesuaian terkait mobil untuk misalnya pada saat track basah, setengah basah dan kering. Jadi menurut saya PR untuk mobil ini masih panjang," sambung Setiawan.

Dengan kondisi begitu, Setiawan, harus berjuang lebih ekstra lagi untuk melakoni balapan yang digelar dua kali yakni pada Sabtu dan Minggu (13-14/5/2023).

"Ya kita semua struggling, saya dan pembalap team mate saya harus berjuang lebih ekstra," tandasnya.

Melihat hasil yang ditorehkan, pada balapan pertama, baik Setiawan Santoso dan Reid Harker, mereka mampu menyesaikan balapan di posisi ke-12. Sedangkan pada balapan kedua, mereka menuntaskan balapan di posisi ke-11. (sya)

TERKINI
Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang Panduan Lengkap Menjual Mobil Bekas dengan Sukses, Ada 12 Langkah Jitu Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024