Tercepat 2 Special Stage, H Rihans Variza (HRVRT Rally Team) Pimpin Kejurnas Sprint Rally 2023 di Malang

Sabtu, 20/05/2023 20:08 WIB

mobilinanews (Malang) - Perally andalan HRVRT, H Rihans Variza dengan co-driver Anthony Sarwono menempati posisi pertama setelah menyelesaikan 2 SS (Special Stage) seri 2 Kejurnas Sprint Rally 2023 di sirkuit Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur, Sabtu (20/5/2023).

H Rihans yang mengendarai Ford Fiesta R5, berhasil menjadi yang tercepat baik di SS1 maupun SS2 masing-masing sepanjang 4,9 km.

Pada SS1, H Rihans berhasil mengukir waktu tercepat 4:15.8 menit, sedang pada SS2 yang dilangsungkan pada sore hari, pembalap serbabisa dan pengusaha muda asal Binuang, Kalimantan Selatan itu kembali mencatat waktu tercepat 4:11.1 menit. Dengan total waktu tercepat 8:26.9 menit.

Anthony Sarwono (kiri) dan H Rihans Variza saat Sprint Rally 2023 seri 1 di Jalak Harupat Bandung

Meski telah unggul pada 2 SS hari ini, Anthony Sarwono selaku co-driver nggak mau jumawa. "Besok masih ada tugas 2 SS lagi," kata Wono - sapaan akrabnya - kepada mobilinanews.

Lalu, apakah akan menerapkan strategi yang sama untuk 2 SS besok?

"Ya kita fokus aja sama strategi push to the limit, di trek yang memang beberapa bagian sempit dan banyak tikungan yang cukup tricky. Trek lurusnya lumayan banyak sih. Dan yang jelas, besok gaspol lagi dong," senyunm co-driver senior dan berpengalaman itu. 

Terkait performa Ford Fiesta R5 yang menjadi senjata andalan H Rihans Variza, Wono menambahkan belum mampu dieksplore optimal. "Mobil mungkin baru (dieksplore) sekitar 70 persen," tambah Wono.

H Putra Rizky dengan co-driver M Redwan andalkan Skoda Fabia R5 berada di posisi kedua dengan total waktu 8:27.1 menit, atau hanya gap 0.00.2 alias sangat rapat dan ketat. 

Posisi ketiga ditempati Bintang Barlean/Anondo Eko dengan Subaru N12 dengan 8:47.4 menit. Sebagai informasi, Bintang Barlean tercatat sebagai perally kelas M2 atau satu level di bawah H Rihans dan H Putra dari spec mobil.

Perally Toyota Gazoo Racing Indonesia dan merupakan juara nasional bertahan, Ryan Nirwan/Adi Indiarto mengalami crash di SS1. Namun setelah Toyota GR Yaris diperbaiki, Ryan bisa lanjut di SS2.  

Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 2 di Lawang, Malang, garapan Bintang Automotive ini pecahkan rekor peserta yakni sebanyak 155 starter dengan 9 cadangan jika ada yang mengundurkan diri. Serta melombakan banyak kelas dan kategori. Bagi juara umum seri 2 ini akan mendapatkan bonus Rp100 juta.

Dua SS besok akan dilangsungkan di lintasan yang sama, hanya saja dengan sistem anti-clockwise alias berlawanan dengan arah jarum jam. (budsan)

 

   

 

 

  

TERKINI
Sukses Gemilang! PEVS 2024 Jadi Tonggak Perkembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Halal Bihalal Nissan Terrano Club Sumatera Barat, Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya