Rahasia Besar Red Bull Dengan RB19 Dibongkar Fotografer, Siap Dibedah Pakar Aerodinamika Mercedes dan Aston Martin!

Minggu, 28/05/2023 18:22 WIB

mobilinanews (Monaco) - Selama ini kunci sukses Red Bull Racing dianggap tersembunyi di bawah lantai mobil RB19 besutan Max Verstappen dan Sergio Perez. Kini terkuak lewat serangkaian foto yang diambil fotografer.

Foto itu dibidik banyak forografer saat Perez alami kecelakaan di sesi Q1. RB19-nya harus diangkat crane keluar trek. Saat itulah lantai mobil yang selama ini jadi bagian paling dirahasiakan, terlihat secara umum. Tampak jelas bagaimana area itu didesain untuk meningkatkan kinerja aerodinamika, termasuk alur yang mengalirkan udara dari bagian depan ke belakang dan kemungkinan distribusi bobot mobil di area yang sama untuk stabilitas.

Kebetulan pada sesi FP3, W14 besutan Lewis Hamilton alami kecelakaan dan diangkat juga oleh crane. Tak pelak, desain lantai mobil masing-masing tim ini dijejer dan dibandingkan satu sama lain. Yang tampak jelas adalah tingkat kerataan yang berbeda.

Itu menarik karena Mercedes baru merevisi floor W14 dan digunakan kali pertama di GP Monaco ini.

Floor menjadi.penting karena regulasi 2022 yang membuat sektor aerodinamika jadi poin krusial untuk meningkakan speed dan potensi kemenangan. RB19 diyakini unggul di sektor itu dengan 5 kemenangan berturut musim ini. Sayap depan, floor, dan sayap belakang bersinerji sedemikan rupa. Membuat RB19 sangat stabil di lintasan.

Andrew Shovlin, salah satu engineer top Mercedes, menyebut bagian terpenting dari konsep pengembangan mobil sejatinya berada di bagian yang tidak terlihat. Seperti lantai itu yang hanya terlihat jelas oleh umum kala diangkat ke udara.

"Tentu saja tim lain akan melihat-lihat foto langka itu. Mobil kami (Hamilton) juga dikerek ke luar lintasan dan fotonya juga beredar. Saya kira dalam hal ini mereka (Red Bull) lebih dirugikan," kata Shovlin dikutip dari motorsports.com.

Martin Tom McCullough dari kubu Aston Martin mengakui ada beberapa foto bagus dari lantai RB19 maupun W14 yang pastinya akan dipelajari para pakar aerodinamika. Terutama desain dan sistem kerja papan kayu milik RB19, yang tak hanya berfungsi membantu sistem aeeodinamika tetapi juga fungsi lain untuk menahan benturan pada mobil. Ia akui foto-foto itu akan 'bercerita' kepada para pakar.

"Untung mobil kami belum terangkat ke udara. Kami hsrus coba akan tetap seperti itu," tandas Cullough. 

Dalam proses selanjutnya, menarik menanti apakah rahasia sukses RB19 bisa terkuak dari foto langka itu. (rn)

 

 

 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024