MotoGP 2023: Ducati Perpanjang Kontrak Michele Pirro, Tetap Jadi Tester Hingga Umur 40 Tahun

Selasa, 30/05/2023 01:18 WIB

mobilinanews (Italia) - Hampir seluruh karir balap Michele  Pirro dilalui bersama Ducati. Sepertinya akan terus begitu, setidaknya sampai umurnya 40 tahun.

Senin (29/5) Ducati Corse umumkan perpanjangan kontrak Pirro sebagai test rider untuk 3 musim ke depan atau hingga akhir musim 2026, bertepatan dengan ulang tahun ke-40 pemegang 8 gelar juara nasional Superbike itu.

Pirro menjadi tester Ducati sejak awal musim 2013. Pada periode dimana Ducati babak belur di MotoGP di bawah pabrikan Jepang macam Honda, Yamaha dan Suzuki. Saat sama ia juga tarung di Superbike Italia dengan andalan Ducati Panigale V4 R dengan reputasi 8 kali juara. Artinya, ia turut mengembangkan performa Panigale selain tugas utamanya dalam menguji dan mengembangkan serial Desmosedici di kancah MotoGP.

"Kami tak tahu siapa tester terbaik selain Pirro. Kontribusinya sangat signifikan mengembangkan Desmosedici hingga pada tempat sekarang ini," kata GM Ducati Corse Luigi 'Gigi' Dall'Igna.

"Ia awali tugasnya sejak 11 tahun lalu. Kami berterima kasih atas lerannya membuat kami sekompetitif saat ini. Pengalaman panjangnya sangat oenting untuk pengembangan selanjutnya."

Ya, pada era Pirro menjadi tester, Ducati mulai memetik banyak kemenangan di kelas primer. Andrea Dovizioso, misalnya, sukses tiga kali menjadi runner up dan jadi penantang Marc Marquez dalam perebutan gelar.

Dan, tahun lalu, Ducati kembali meraih lelar dunia lewat Francesco Bagnaia setelah penantian panjang setelah gelar satu-satunya Ducati diberikan Casey Stoner pada 2007.

Pirro pun mengaku bahagia dipercaya Ducati hingga akhir 2026. Itu menurutnya sebuah kebanggaan. Dalam 3 tahun ke depan, kata pria Italia kelahiran 1986 ini, ia akan tetap kerahkan kemampuan terbaiknya mengembangkan performa Desmosedici maupun Panigale V4.

"Saya tak bisa membayangkan diri saya berseragam di luar warna merahnya tim Borgo Panigale. Di sini saya bekerja erat dengan pembalap generasi muda Italia. Saya selalu memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru dari mereka," kata Pirro.

Bersama Ducati, eks pembalap Moto2 musim 2010-2011 dan joki MotoGP 2012 dengan tim Honda Gresini itu berlomba dalam 45 ajang MotoGP sebagai pembalap pengganti maupun lewat jatah wild card dengan hasil terbaik P4 di GP Valencia 2018.

Wild card berikutnya ia dapat untuk GP Italia, Sirkuit Mugello, pada pekan depan. Beradu dengan 8 joki pembesut Desmosedici lainnya dari 4 tim berbeda. (rn)

 

 

TERKINI
Ingin Tampil Beda, Ini Referensi Modifikasi Wuling Air EV dari Tomi Airbrush 3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya IMI Pusat Menyurati Ketua IMI Nusa Tenggara Barat Terkait Pembatalan MXGP 2024 di Sumbawa dan Lombok, Ini Alasannya