Drama Oneprix 2023 Palangkaraya, 2 Pemegang Pole Nyungsep Terlena Mulusnya Sirkuit Sabaru!

Minggu, 04/06/2023 01:01 WIB

mobilinanews (Palangkaraya) - Drama seru terjadi pada race 1 kelas OP2 Novice dan OP1 Expert, Kejurnas Oneprix 2023 seri di sirkuit Sabaru, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/6/2023).

Pembalap unggulan yang memimpin klasemen sementara di dua kelas bergengsi tersebut, harus menepi dari pertarungan karena terjatuh.

Fahmi Basam, rider andalan LFN HP969RT yang memimpin klasemen sementara kelas OP2 Novice yang start dari pole position mengalami insiden "disundul" Reski Awal di laps 5, dan nyungsep di run off sebuah tikungan.

Dengan Fahmi Basam DNF (Did Not Finish), membuka jalan lebar bagi Chandra Hermawan (Yamaha Yamalube Aditama Berau Kaltim), yang akhirnya menjuarai kelas OP2 Novice.

Drama lebih mengharukan juga terjadi di kelas OP1 (Expert). Kejadian yang menimpa Alfi Husni (Yamaha Zier Strokkes55) juga cukup menyesakkan. Di tikungan yang sama, MX King pemegang pole position QTT dan pemimpin klasemen sementara kelas Expert itu "kesundul" Riki Ibrahim dalam persaingan perebutkan terdepan, di laps 5.

Tak hanya Alfi Husni yang menepi. Tiga laps berikutnya, ganti duo riders andalan tuan rumah Palangkaraya Kota Cantik Dits Racing Dicky Ersa dan Wilman Hammar mengalami kejadian serupa ketika keduanya berada di posisi 2 dan 3. 

Tampak Wilman slide di sebuah tikungan, dan menyenggol Dicky Ersa yang persis rapat di depannya. Keduanya terjungkal, dan terjatuh di gravel bed. Keduanya pun harus menepi dan jadi penonton.

Beberapa kejadian tersebut, tidak semestinya terjadi. Ini efek dari karakter sirkuit Sabaru yang memiliki panjang 1,680 km dengan 10 tikungan (6 ke kanan dan 4 ke kiri) cenderung landai, trek lurus sekitar 400 meter, menjadikan sirkuit high speed.

Kondisi ini, membuat para pembalap terlena, dengan hajar gaspol terus, termasuk ketika memasuki tikungan. Kelas OP1 Expert akhirnya dimenangi M Faerozi dari tim ASR Sulawesi Tenggara.

Lalu, apakah kondisi serupa bakal terjadi di race 2 hari Minggu esok?

Tentu saja, menjadi pelajaran bagi para pembalap unggulan yang pada race 1 hari ini mengalami insiden kecelakaan dan tidak bisa menyelesaikan balapan.  

Sehingga, menjadi lebih sulit diprediksi siapa bakal juaranya. Untuk memastikan siapa pemenangnya, jangan lupa pantengin TVOne yang akan kembali menyiarkan secara langsung kelas OP2 Novice dan OP1 Expert (race 2) mulai pukul 14.00 WIB. (budsan)   

TERKINI
Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok Chery dan Revolusi Produk di Beijing Auto Show 2024, Ada TIGGO 9 PHEV!