F1 2023 Spanyol: Max Verstappen "Semakin Membosankan", Sudah Leading 53 Poin Hanya Dalam 7 Race

Senin, 05/06/2023 00:18 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Durasi race GP Spanyol di Sirkuit Barcelona, Minggu (4/6), ada 66 laps. Sepanjang itu juga tak ada bisa ganggu Max Verstappen, dari awal. Lantas, siapa bintang sirkuitnya?

Begitu dominannya Verstappen membuat pertarungan di baris depan sama sekali tak tampak. Pembalap andalan Red Bull Racing itu hanya sekali mengeluh lewat radio, bahwa rem depannya seperti overheat dan kesulitan di braking zone.

Tapi, itu ternyata tak mengurangi dominasinya. Ia finish dengan jarak 24,090 detik dari Lewis Hamilton dan 32,389 detik atas George Russell. Kedua joki Mercedes itu pun mencetak double podium untuk timnya.

Jelas, perjuangan mereka mencapai podium lebih menghibur dibandingkan melihat Verstappen yang begitu mudah meraih kemenangan.

Sayangnya, sukses dua joki W14 ini sama sekali belum menggambarkan hasil positif dari pembenahan besar-besaran pada W14. Itu tergambar dari selisih waktu di garis finish.

Dan, jika balapan lebih beberapa lap lagi saja, bukan tak mungkin Russell digeser oleh joki Red Bull lainnya, Sergio Perez. Keduanya hanya berjarak 3 detik.Perez yang start dari P11 hanya sanggup mengejar hingga P4. 

Meski begitu, Hamilton sangat happy dengan raihan W14 kali ini.

"Mega jobs teman-teman, mega jobs.. yes! Inilah hasil kerja keras kalian semua. Mega jibs juga buat George!" teriak Hamilton lewat radio saat menuju parc ferme.

"Saya angkat topi pada kerja tim. Saat ini The Bulls masih di depan, namun kami terus berjuang untuk mendekati mereka. Saat ini kami sudah maju selangkah," imbuhnya kemudian.

Buat Russell yang meraih podium berharganya, apalagi diraih dari posisi start 12 dan finish P3, tentu layak disambut gembira. Ia sepakat dengan Hamilton kalau mobil mereka belum sekencang harapan meski banyak komponen baru dikembangkan tim.

"Saya ada di podium, itu sangat menyenangkan. Tanda-tanda hal baik akan datang," katanya.

Mendulang poin penuh dari Barcelona membuat total poin Verstappen kini meroket ke angka 170. Unggul 53 poin atas Perez.

P3 masih ditempati Feenando Alonso (Aston Martin) yang pada home race-nya ini hanya finish di posisi 7. Masih tertinggal 18 angka dengan Perez.

Kini Hamilton  dan Russell merapat di urutan 4 dan 5. Maka dari itu, daya tarik pertarungan berikutnya sepertinya akan muncul bukan dari Verstappen, tapi dari 4 nama di bawahnya.

Ini kemenangan kelima Verstappen dalam 7 race awal musim 2023. Dan, dengan enteng ia sebut begini, "Sangat menyenangkan di atas mobil sebagus ini. Semoga terus begitu."

Semua race musim ini diambil oleh Red Bull. Karena itu keunggulan mereka di kejuaraan konstruktor pun terbilang 'gila'. Unggul telak 287 melawan Mercedes yang baru mengoleksi 152 poin. (rn)

 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024