MotoGP 2023 Italia: Fabio Quartararo Capai P2 Dengan Setingan Jadul, Local Hero Gagal Tembus 3 Besar

Jum'at, 09/06/2023 17:20 WIB

mobilinanews (Italia) - Tak sia-sia Fabio Quartararo gunakan set up versi 2021 untuk Yamaha M1-nya. Efeknya langsung positif dengan P2 di sesi FP1 GP Italia, Mugello, Jumat (9/6).

Seperti artikel sebelumnya di media ini, juara dunia 2021 itu merasa putus asa dengan performa M1 spek 2023 sepanjang musim ini. Banyak upaya pengembangan dicoba Yamaha dengan banyak part baru, tapi tidak terpakai. Performa pembalap Prancis itu tetap saja tak melejit.

Itu sebabnya mulai GP Italia ini ia kembali ke set up 2021 untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri di atas motor. Dan, itu ia dapatkan pagi ini waktu lokal atau sore ini WIB.

"Saya butuh kepercayaan diri. Kembali ke set up 2021 setidaknya saya paham dengan segala sesuatunya," kata El Diablo.

Sepanjang sesi FP1 gestur dirinya tampak nyaman dengan motornya. Hebatnya, dalam proses time attack, hasilnya layak disambut positif kru Yamaha di garasi tim. Ia cetak best time 1:46,208 dan tercepat kedua setelah Alex Marquez (Spanyol/Gresini Ducati) atau hanya terpaut 0,087 detik.

Ya, ini memang baru latihan pertama. Tapi, seperti kata El Diablo, setidaknya kepercayaan dirinya sudah kembali. Itu penting untuk menjajal keampuhan set up 2021 berikutnya di sesi FP2 nanti. Dengan suhu lintasan yang lebih adem, aksi Quartararo kini masuk daftar tunggu apa lagi yang bisa ia lakukan.

Satu lagi kebenaran dari keputusan balik ke set up 2021. Ia buktikan faktor top speed di trek lurus Mugello sepanjang 1,1 km sama sekali tak berpengaruh karena Quartararo bisa menutup defisitnya dengan speed ekstra di tikungan cepat. Padahal top speed-nya hanya 348 kpj. Bandingkan dengan Duvati dan KTM yang tembus 350-an KPJ.

Selain Alex dan Quartararo, Brad Binder (Afsel/KTM) juga bersinar dan masuk grup 3 Besar tercepat sementara. Artinya, itu hasil yang menohok para local hero Italia karena tak ada yang masuk 3 Besar. Dari 6 joki tuan rumah, hasil terbaik dicetak Marco Bezzecchi (VR46 Ducati) di posisi keempat dengan gap 0,1 detik saja dengan Alex.

Juara dunia bertahan Francesco Bagnaia (Ducati) mencapai finish ke-16. Di bawah relan setimnya, Enea Bastianini (P15), yang baru mengaspal lagi setelah 3 bulan dibekap cidera.

Jagoan Honda Marc Marquez untuk sementara bercokol di P9.

Belum diketahui kendala yang dihadapi Bagnaia sehingga tampil seburuk itu di atas DeamosediciGP23. Kalah jauh dengan Alex dan Bezzecchi yang geber Desmo yang lebih tua setahun, GP22. 

Ysng jelas mulai tampak ancaman nyata untuk Bagnaia. Ia saat ini memimpin klasemen dengan keunggulan hanya 1 poin atas Bezzecchi. (rn)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh