MotoGP 2023: Melesat 366,1 Km/Jam Pakai KTM RC16 Ternyata Belum Kencang Buat Brad Binder, Ini Alasannya

Selasa, 13/06/2023 22:15 WIB

mobilinanews (Italia) - Trek lurus Sirkuit Mugello sepanjang 1,1 km setiap tahun jadi tantangan bagi pembalap dan mekanik MotoGP. Bersaing mencetak rekor top speed.

Sebuah karya agung buat mekanik jika bisa menyetel motor dengan kecepatan bagai roket di Mugello.

Buat pembalap, tak hanya skill tapi juga butuh nyali besar untuk memaksa besutannya sampai mentok pada batas maksimal dengan apa yang disebut top speed.

Maka tak salah kalau Brad Binder (Afsel) di atas motor KTM RC16 hanya berucap terima kasih kepada para mekaniknya, kala ia mencetak top speed 366,1 km per jam.

Catatan yang selama ini mungkin tak terpikirkan bisa diraih sebuah motor. Saat sama coba bayangkan seberapa remuk bodi motor dan pembalapnya jika terjadi crash dalam kecepatan setinggi itu.

"Ini karya hebat para kru. Mereka mampu membangun mator yang 12 kpj lebih cepat dari tahun lalu," kata rider Afsel itu.

Catatan itu pun menjadi rekor kecepatan baru di Mugello, sekaligus rekor baru motor MotoGP tercepat saat ini. Mematahkan rekor tahun lalu raihan Jorge Martin (Pramac Ducati) dengan catatan 363,6 kpj.

Pencapaian yang terbilang dramatis dalam prosesnya. Sebab, pemecahan rekor itu tak hanya dibuat Binder, tapi saat sama juga diciptakan pembalap pabrikan Ducati, Enea Bastianini, dengan catatan top speed 364,8 kpj.

Prestasi tak terduga karena ini penampilan utuh pertama Bastianini setelah istirahat panjang sejak kecelakaan fatal di seri pembuka GP Portugal.

Dua pembalap lain, Maverick Vinales (Aprilia) dan Fabio Giannantonio (Gresini Ducati), juga sukses menyamai rekor Martin tahun lalu, yakni 363,6 kpj. Sedangkan beberapa pembalap lain bermain di angka 362,4 kpj seperti Jack Miller (KTM) dan Johann Zarco (Pramac Ducati).

 Itu menggambarkan betapa ketatnya kini kecepatan Ducati, KTM dan Aprilia. 

Uniknya, catatan hebat itu seperti masih kurang buat Binder. Ia mengaku tak tahu faktor apa yang membuatnya cetak top speed sedahsyat itu. Tapi, ia tahu kalau sesungguhnya RC16 miliknya bisa lebih kencang lagi.

"Sejujurnya, itu belum sampai pada limitnya. Saya tahu bisa lebih baik beberapa kolometer lagi. Mungkin 3, 4 atau 5 kpj. Meski begitu saya senang telah membuat rekor baru," ucapnya.

Kalau begitu, bukan tak mungkin tahun depan top speed di Mugello menembus angka 370-an kpj. Wow! (rn)

 

 

Keduanya mencetak angka itu pada sesi yang sama, sprint race.

TERKINI
Spesifikasi Harley Davidson Heritage Classic 144 Terbaru 2024 Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang