F1 2023: Toto Wolff Sebut Nasib Hamilton di Mercedes Bakal Ditentukan di GP Kanada

Rabu, 14/06/2023 01:08 WIB

mobilinanews (Inggris) - Hari ini, Selasa (13/6), Team Principal Mercedes Toto Wolff bertemu Lewis Hamilton membahas kontrak yang habis di akhir tahun ini. Untuk kontrak berikutnya hanya tunggu hitungan hari.

"Ya, tinggal tunggu hari, bukan minggu. Kami berusaha keras agar bisa diumumkan sebelum GP Kanada," kata bos yang sudah seperti sahabat buat Hamilton sejak bergabung dengan Mercedes pada 2013.

Pembalap Inggris itu sempat diisukan pindah ke Ferrari pada akhir tahun ini. Bahkan dikabarkan Ferrari sudah tawarkan gaji 40 juta USD per tahun.

Isu itu ditampik Hamilton. Juara dunia 7 kali itu (6 di antaranya bersama Mercedes) menyatakan loyal kepada Mercedes. Situasi Mercedes yang tak kompetitif sejak tahun lalu tak membuatnya harus meninggalkan tim karena percaya kedua pihak bisa bangkit lagi.

Kepercayaan diri Hamilton kembali membuncah saat finish P2 di GP Spanyol meski terpaut 24 detik dengan Max Verstappen (Red Bull) selaku juara.

Setelah itu Wolff dan Hamilton bertemu secara khusus dan ditengarai membahas perpanjangan kontrak.

Sejumlah media Inggris pun mengaku dapat bocoran kalau Hamilton mensyaratkan kenaikan gaji menjadi 50 juta USD per tahun. Agar tak terlampau jomplang dengan bayaran rivalnya, Max Verstappen, yang sudah dikontrak Red Bull Racing hingga akhir 2028 dengan nilai 55 juta USD per tahun.

Sat itu Wolff juga mengungkit hubungan persahabatannya yang demikian erat dengan Hamilton dan karena itu merasa gamang jika harus berdiskusi soal uang.

"Kami sangat erat dan banyak menghabiskan waktu bersama. Tiba-tiba kami harus bicara uang, tapi saya yakin kami berdua bisa mencapai kesepakatan," kata Wolff tanpa mengomentari nilai 50 juta USD itu.

Meski tak lagi pernah memannagi F1 sejak kali terakhir di GP Arab Saudi 2021, Wolff menilai Hamilton tetap menjadi figur yang penting. Tak hanya buat Mercedes tetapi juga buat motorsport dunia.

"Lewis punya daya tarik di banyak aspek. Tak hanya pada balapan, juga dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, kami perlu mempertahankannya selama mungkin dalam olahraga ini," tandas Wolff dikutip dari F1i.com.

GP Kanada berlangsung pada 16-18 Juni 2023. Jika mengacu pada paparan Wolff maka kepastian masa depan pembalap berusia 38 tahun itu di Mercedes bisa jadi diumumkan pada 14 atau 15 Juni. Benarkah? (rn)

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen