MotoGP 2023 Jerman: 8 Ducati di 10 Besar, Jorge Martin Rapatkan Jarak di Jalur Perebutan Gelar

Senin, 19/06/2023 00:08 WIB

mobilinanews (Jerman) - Siapa pun juara dunia MotoGP 2023 nanti hampir pasti adalah pembalap Ducati. Kesan itu semakin tebal saat 3 unit DesmosediciGP finish 1-2-3 di GP Jerman, Minggu (18/6).

Mereka adalah Jorge Martin (Pramac Ducati), Francesco Bagnaia (Ducati) dan Johann Zarco (Pramac Ducati). Buat Martin, ini sukses ganda setelah kemarin juga memenangi Sprint Race, juga dengan mengalahkan Bagnaia selaku juara dunia bertahan.

Ini juga jadi kemenangan kedua pembalap Spanyol itu sejak naik dari Moto2 ke MotoGP memperkuat Pramac Ducati pada musim 2021.

"Ini kemenangan sangat menyenangkan. Semua berkat kerja bagus kru meski saya harus berjuang ekstra melawan Pecco (Bagnaia). P1 di Sprint Race membuat kami sangat percaya diri," kata Martin yang harus menyalip beberapa pembalap lain sebelum tiba di belakang Bagnaia.

Duel keduanya memang keras. Hanya mereka berdua di baris depan dengan jarak 7 detik dari Zarco. Sedemikian ketatnya duel sampai motor Bagnaia sempat menyundul bagian belakang motor Martin jelang lap terakhir. 

Momen itu jelas mempengaruhi jarak keduanya karena Bagnaia kehilangan sepersekian detik.

"Saya kehilangan momentum. Insiden itu membuat pengejaran kepada Martin semakin sulit pada lap terakhir, tapi saya tetap mensyukuri hasil ini," tutur Bagnaia yang hanya terpaut selisih waktu 0,064 detik di garis finish.

Mendulang poin maksimal 37 angka dari sprint dan main race membuat Martin semakin kuat di jalur perebutan gelar. Ia kini memiliki poin 144, terpaut 16 angka dari Bagnaia yang masih memimpin klasemen dengan total poin 160. Sementara rider Ducati lainnya, Marco Bezzechi (VR46) yang sejak awal musim jadi penantang terdekat Bagnaia kini berada di P3 dengan total poin 126. 

Di GP Jerman, Ducati tak hanya merebut semua podium tetapi lebih hebat lagi karena 8 unit DesmosediciGP semuanya masuk grup 10 Besar. Selain nama peraih podium itu, joki lain yang bikin harum pabrikan Italia itu adalah Bezzecchi (P4), Luca Marini (VR46/P5), Alex Marquez (Gresini Ducati/P7), Enea Bastianini (Ducati/P8) dan Fabio Di Giannantonio (Gresini/P9). Hanya dua pembalap luar Ducati yang masuk 10 Besar, Jack Miller (KTM/P6) dan Miguel Oliveira (RNF Aprilia/P10).

Dengan kata lain para pembesut Ducati, yang di tim pabrikan maupun satelit, benar-benar menyulitkan tim lain sepanjang musim 2023. Maka tak berlebihan jika gelar 2023 hanya akan diperebutkan joki Ducati.

Kecuali jika KTM, Aprilia atau mungkin juga Honda dan Yamaha bisa lakukan perubahan besar mulai paroh kedua kompetisi nanti. (rn)

 

TERKINI