Suzuki V-Strom 800DE, Motor Penjelajah Paling Gahar Yang Pernah Ada

Rabu, 21/06/2023 07:18 WIB

mobilinanews (Malaysia) - Suzuki Malaysia telah meluncurkan Suzuki V-Strom 800DE adventure-tourer 2023. Motor ini memiliki tampilan ikonik dari adventure-tourer kelas menengah Suzuki dengan spesifikasi yang telah diperbarui, termasuk lampu depan LED di depan.

Fokus Suzuki pada V-Storm 800DE adalah meletakan mesin baru model paralel-twin menggusur 776 cc dengan poros engkol 270 derajat dan DOHC, yang disebut Suzuki sebagai Cross Balancer untuk meminimalisir getaran mesin.

Tenaga mesin belum diungkapkan. Namun tenaga disalurkan ke roda belakang melalui gearbox enam kecepatan dan sistem bantuan kopling Suzuki yang mengurangi tenaga tuas kopling.

V-Strom mendapatkan empat mode berkendara yakni Active (A), Basic (B), Comfort (C) dan Gravel yang akan memberikan kenyamanan lebih karena dapat disesuikan dengan kondisi jalan.

Mode aktif adalah mode pengendaraan yang paling agresif untuk pengendaraan jalan raya yang sporty sementara C merupakan mode untuk kenyamanan berkendara saat hujan, sementara moda Gravel memungkinkan roda belakang V-Strom tidak tergelincir tanpa mengurangi tenaga.

Motor ini juga dilengkapi kontrol traksi mode Foru sebagai standar dan dapat dimatikan untuk berkendara off-road. ABS dilengkapi dengan dua mode yang memungkinkan intervensi pengereman dengan derajat yang berbeda dan seperti kontrol traksi, juga dapat dimatikan saat berkendara di tanah.

Ia menggunakan suspensi Showa berukurann 220 mm pada garpu depan terbalik yang dapat disesuaikan sementara monoshock belakang dengan reservoir gas jarak jauh dapat disesuaikan untuk preload. Ia juga didukung roda depan 21 inci dan belakang 17 inci, V-Strom 800DE mendapatkan angka ground clearance 220 mm dan tinggi jok 855 mm.

Terlepas sebagai motor penjelajah, V-Storm 800DE mendapatkan kenyamanan berkendara modern seperti layar TFT-LCD 5 inci dan quickshifter naik-turun. Kapasitas tangkinya 20 liter sehingga memugkinkan perjalanan jauh yang aman. Kaca depannya dapat disetel secara manual ke salah satu dari tiga posisi.

Bobot keseluruhan V-Strom 800DE adalah 230 kg. Daftar aksesori opsional tersedia dari katalog Suzuki, termasuk bagasi, grip berpemanas, lampu kabut, standar tengah, dan pelindung mesin.(erwin)

TERKINI
Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor MotoGP 2024 Prancis: Rivalitas Marquez Versus Martin Lanjut ke Barcelona, Penentuan Siapa ke Tim Pabrikan Ducati Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal