WRC 2023 Safari: Kalle Rovanpera dan Sebastien Ogier Jepit Ott Tanak, Thierry Neuville Menguntit

Kamis, 22/06/2023 01:18 WIB

mobilinanews (Kenya) - Musim ini rivalitas tim Toyota, Hyundai dan Ford semakin tajam. Karena itu sulit berharap para joki Toyota Gazoo Racing menguasai event ganas Rally Safari di Kenya, Afrika, akhir pekan ini.

Tahun lalu joki tim Toyota Gazoo Racing finish 1-2-3-4 pada salah satu seri WRC terganas itu, dimana Kalle Rovanpera menjadi juaranya. Datang bersama perally paruh waktu Sebastien Ogier, Elfyn Evans dan Takamoto Katsuta, rada sulit mnegulangi prestasi sama.

Tak lain karena pabrikan rival kini sudah semakin rapat. M-Sport Ford yang digawangi Ott Tanak muncul jadi lawan berat. Sementara Hyundai bersama Thierry Neuville semakin percaya diri usai kemenangan di Rally Sardegna, Italia, lalu.

Rovanpera tentu favorit juara. Bukan hanya karena juara tahun lalu, tapi karena juara dunia 2022 itu tampil tercepat pada sesi shakedown pada Rabu (21/6).

Perally Finlandia itu memimpin Toyota dengan 4 mobil di 6 Besar tercepat. Ia unggul tipis atas Tanak di P2, Ogier, Neuville, Evans dan Katsuta. Sayang, pencapaian itu diraih dengan drama Katsuta. Joki Jepang itu alami kecelakaan dengan mobil terguling-guling. Ia aman, namun Yaris Rally1-nya butuh reparasi besar-besaran.

Rovanpera dan Tanak mengaku senang dengan performa mobil dalam sesi pemanasan itu. 

"Semuanya berjalan bersih. Sejujurnya, feeling semakin baik memasuki rally sesunghuhnya," kata Rovanpera.

"Performa bagus, tapi di rally ini hasil akhir bukan hanya ditentukan kecepatan mobil. Yang paling utama adalah Anda mencapai finish di setiap special stage," imbuh Tanak, juara dunia 2019 yang baru tahun ini membesut Ford Puma Rally1 andalan tim M-Sport.

Ogier, sang legenda dengan koleksi 8 gelar dunia WRC sepertinya sepakat dengan Tanak. Berlaga di Safari, katanya, bukan hanya soal kecepatan mobil. 

"Pada rally berat ini Anda butuh keberuntungan. Saya berharap hal itu karena Anda butuh keberuntungan untuk memenangkan rally ini. Hasil shakedown belum bicara apa-apa," tandas Ogier yang hanya membela Toyota hanya pada beberapa seri kejuaraan WRC.

Sisi lain yang menarik adalah pertarungan Rovanpera dan Neuville di klasemen sementara 2023. Rovanpera unggul 25 poin di puncak klasemen sementara atas Neuville di P2. Kemenangan perdana Hyundai i20 di seri Sardegna lalu membuat pilot Belgia on fire di trek gravel Safari.

"Ini sesi pemanasan yang bagus. Merasa nyaman di shakedown, kami hanya perlu terus bekerja dengan mobil agar bisa menikmati perlombaan sebenarnya," katanya.

SS1 berlangsung Kamis  (22/6) dan hanya satu itu. Lanjut ke sesi Jumat yang melombakan Special Stage 2 hingga 7.

Lomba berakhir pada Minggu (25/6) nanti setelah menuntaskan 19 SS. (rn)

TERKINI
Keuntungan Memiliki Wuling Cloud EV, Didukung Layanan Lifetime Core Component Warranty, Ini Penjelasannya Luthfi AB, Crosser Cilik Berbakat Dari Amuntai Kalimantan Selatan Dukung Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia di Bali, Bamsoet : Bantu Pemerintah Promosikan Destinasi Wisata Brand GWM Resmikan Diler 3S Pertamanya di Indonesia