WRC 2023 Safari: Ott Tanak Tekuk Pentolan Toyota dan Hyundai, Sebastien Ogier Minta Bantuan Dewa Kenya

Kamis, 22/06/2023 22:08 WIB

mobilinanews (Kenya) - Memacu Ford Puma Rally 1, perally tim M-Sport Ott Tanak kembali bikin kejutan. Ia tercepat di Special Stages (SS) 1 Rally Safari, Kenya, Afrika, Kamis (22/6).

Perally Estonia itu menekuk dua jawara tim Toyota Gazoo Racing, Sebastien Ogier (Prancis) dan juara dunia bertahan Kalle Rovanpera (Finlandia). Juga menundukkan eks rekan satu timnya di Hyundai, Thierry Neuville.

SS1 itu menjadi super spesial dimana dua perally dilepas dua mobil. Tanak duel dengan Elfyn Evans (Toyota), Rovanpera versus Neuville, sedangkan Ogier ketemu Esepekka Lappi (Hyundai)

Start dari pusat ibukota Nairobi, Tanak memenangkan SS1 berjarak 4,84 km itu dengan keunggulan sangat tipis (0,1) detik atas Ogier selaku pemegang 8 gelar juara WRC. 

Yang paling ketat adalah duel Rovanpera dan Neuville. Pemimpin klasemen sementara ini hampir bersamaan mencapai finish dengan marjin hanya 0,3 detik. Keduanya kalah 2,4 dan 2,7 detik dari Tanak dan tercepat 3 dan 4. Sedangkan Evans dan Lappi berada di P5 dan 6.

"Hasil bagus tapi kami tak bisa berkomentar karena ini baru di awal. Jumat dan Sabtu ini akan berbeda, dan di situlah baru akan terlihat peluang masing-masing untuk mengukur kemenangan pada Minggu," kata Tanak, juara dunia 2019 bersama tim Toyota.

"Lay out treknya sama seperti tahun lalu, kondisinya yang beda. Sekarang lebih kasar. Lintasan berikutnya lebih sulit dan saya butuh pertolongan para Dewa Kenya. Perlu nasib baik untuk memenangi rally ini," sebut Ogier yang usai sesi shakedown kemarin juga menyebut kalau tak hanya kecepatan, tetapi juga butuh nasib baik untuk memenangi kerasnya Rally Safari.

Jumat (23/6) digelar SS2 hingga SS7. Bukan hanya Tanak dan Ford yang menjadi penantian, tetapi juga perlawanan skuad Hyundai setelah sukses memenangi Rally Sardegna belum lama ini.

Menarik karena Tanak dan Neuville yang paling berpotensi melabrak dominasi Ogier dan Rovanpera di atas Yaris GR Rally1 masing-masing. (rn)

 

TERKINI
Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu Pembalap Honda Alex Palou Puncaku Klasemen IndyCar Series 2024 Jelang Series Historis Indy 500 di Indianapolis