MotoGP 2023 Belanda: Marc Marquez Tak Layak Bertanding, Pulang Lebih Awal

Minggu, 25/06/2023 14:50 WIB

mobilinanews (Belanda) - Baru saja Repsol Honda tebar rilis yang juga diterima mobilinanews. Isinya, Marc Marquez harus melipir lagi dan kudu pulang lebih awal dari GP Belanda.

Dalam keterangan singkatnya, Honda menyebut Marquez tak layak tanding akibat sejumlah cedera yang masih menyakitkan. Cedera itu datang dari 5 kali kecelakaan di GP Jerman pekan lalu. Menyisakan rasa sakit berkelanjutan pada bagian rusuk dan jempol tangannya. Membuatnya undur diri dari balapan utama di Sachsenring, trek favoritnya yang selalu ia menangkan dalam 11 penampilan terakhir di sana.

Rasa sakit itu masih bisa ditahan Marquez di sesi awal GP Belanda. Namun, ia mulai mengeluh setelah  kecelakaan lagi di sesi kualifikasi usai motornya menyundul motor Enea Bastianini (Ducati). Saat itu Marquez ingin di-towing Bastianini untuk meningkatkan lap time. Sayang, ia lengah saat menoleh ke belakang mengawasai pembalap lain. Dan, brukkk, ia jatuh lagi dan terguling ke luar lintasan.

Keputusan Repsol Honda mengistirahatkan pembalap andalannya itu bisa dipahami karena praktis tak banyak yang bisa dilakukan Marquez dalam race malam nanti WIB. Ia langsung pulang ke Spanyol untuk perawatan cederanya. 

Pada Sprint Race kemarin, Marquez hanya sanggup finish ke-17 dari posisi start yang juga ke-17. Namun, ia tetap berniat ikut main race meski sadar diri tak banyak yang ia bisa lakukan selain mencapai garis finish, di urutan berapa pun.

"Penting untuk menurunkan RC213V di balapan ini. Usai Assen, kompetisi libur panjang. Tak bagus buat saya jika terlalu lama tidak di atas motor," tegasnya.

Tapi, baru beberapa menit yang lalu timnya membuat keputusan berbeda. Ia harus pulang. (rn)

TERKINI
Tips Mengerem Motor Matik di Turunan Curam, Perhatikan Beberapa Hal Ini Kolaborasi BFGoodrich dan Rawtype Riot Hadirkan Koleksi Apparel dan Aksesoris Berkualitas yang Mengutamakan Fungsi dan Performa All-New Yaris Cross Hybrid Raih Gelar Car of The Year Otomotif Award 2024: Bukti Kendaraan Toyota Hybrid Semakin Diminati Oleh Masyarakat MotoGP 2024 Catalunya: Perebutan Gelar Tahun Ini, Jorge Martin Sebut Marquez Lebih Berbahaya Daripada Francesco Bagnaia