F1 2023 Austria: Max Verstappen Pole Sitter Lagi, Perebutan Posisi Kedua Bakal Ramai

Sabtu, 01/07/2023 18:20 WIB

mobilinanews (Austria) - Tiga sesi SQ (Sprint Qualification) GP Austria baru saja dimenangkan Max Verstappen. Ia pole sitter untuk Sprint Race pada malam nanti WIB. Pole sittter kedua setelah Jumat kemarin meraih pole position untuk main race Minggu (2/7).

Pada kualifikasi hari ini terdapat perbedaan hasil yang signifikan. Kali ini bukan duet Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang menguntit Verstappen di grup 3 Besar tercepat. Kedua driver Ferrari hanya tercepat 6 dan 5, dengan gap waktu tak seketat sebelumnya. 

Kemarin Leclerc bisa melawan dengan jarak hanya 0,048 detik. Tapi hari ini jauh lebih parah menjadi 0,805 detik. Sainz yang kemarin tertinggal 0,1 detik kini kalah 0,6 detik.

Yang menguntit Verstappen kali ini adalah rekan setimnya di Red Bull Racing, Sergio Perez, dengan marjin waktu 0,493 detik dan Lando Norris (McLaren) dengan jarak 0,570 detik. 

Sukses Norris menembus 3 Besar mengundang sensasi tersendiri, tak lain karena pengembangan teknis McLaren yang baru kali ini dilakukan sejak awal musim 2023. Kemarin ia juga berhasil finish P4 untuk kualifikasi raceday. Artinya, pada sprint race hari ini ia akan memulai balapan dari grid 3 dan esok dari grid 4.

Apakah pembalap muda Inggris itu akan naik podium?

Susah ditebak. Untuk juara tak ada keraguan kalau Verstappen bakal tak tertandingi menjadi finisher pertama (asalkan tak terjadi insiden) mengingat dominasinya.

Tapi, untuk podium, sangat sulit diprediksi. Dua tempat lagi di podium bisa jadi bakal sulit diraih Perez dan Norris. Selain duo Ferrari di grid 5 dan 6, juga ada Fernando Alonso di posisi start 7.

Dan, yang tak bisa dianggap remeh adalah pembalap veteran Nico Hulkenberg (Haas). Driver Jerman itu akan melakoni sprint race malam ini dari posisi ke-4. Bersebelahan dengan Norris di baris kedua. Menarik karena Hulkenberg meraih best time-nya di kuslifikasi dengan ban berkompon medium. Yang lainnya pakai soft tyre.

Yang juga tak bisa dianggap remeh adalah veteran satunya, Fernando Alonso (Aston Martin). Besok ia akan start dari P6, tapi untuk sprint race ia harus awali dari posisi start 7.

Namun Alonso sama sekali tak mengeluh, apalagi menyalahkan performa mobil. Ia yakin bisa berjuang meraih podium meski mengawali balapan dari baris ketiga.

"Saya happy. Mengawali balapan dari P6 atau 7 justru bagus buat saya," kata pembalap 42 tahun dan juara dunia 2005 dan 2006 itu tanpa menjelaskan mengapa posisi tersebut ia anggap ideal.

Yang jelas dari 8 race sejak awal musim 2023, Alonso sudah naik podium sebanyak 6 kali. Dan, saat ini, ia masih layak favorit ke podium meski berangkat dari P7. (rn)

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2