F1 2023 Austria: Max Verstappen Menang Semakin Telak, Balapan Hanya 24 Laps Tapi Unggul 21 Detik

Minggu, 02/07/2023 01:08 WIB

mobilinanews (Austria) - Max Verstappen (Red Bull Ring) menambah 8 poin dari kemenangan Sprint Race GP Austria, Sabtu (1/7). Semakin jauh di puncak klasemen. 

Diwarnai hujan dan semua pembalap gunakan ban intermediate (kecuali Valtteri Bottas/Alfa Romeo yang pakai ban medium), suasana balap sempat seru di awal. Saat Sergio Perez melesat menyalip Verstappen

Tapi, itu hanya sejauh 2 tikungan, karena di tikungan 3 Verstappen kembali ke posisi depan. Bahkan Nico Hulkenberg (Haas) ikut menyalip Perez. 

Setelah itu Hulkenberg menjadi pusat perhatian. Bukan dalam upayanya mengejar Verstappen, tapi dalam perjuangan mempertahankan setiap inci sekitarnya untuk menghalau serangan Perez. Ia kini membawa perubahan dalam rivalitas F1 meski hanya sekejap.

Upaya pembalap Jerman itu terhenti hanya beberapa lap jelang lap terakhir. Performa ban yang tergerus membuat Perez dan Carlos Sainz (Ferrari) masuk ke tiga besar terdepan sedangkan posisi  Hulkenberg terus melorot dan akhirnya finish ke-6 dengan perolehan 3 poin. Sebuah catatan yang langsung diapresiasi tim Haas lewat medsos mereka. Maklum, selama ini Haas bukanlah tim yang diperhitungkan sekadar masuk 10 Besar.

Delapan finisher yang mendapat poin tambahan dari sprint race ini adalah Verstappen (8), Perez (7), Sainz (6), Lance Stroll (aston Martin/5), Fernando Alonso (Aston Martin/4), Hulkenberg (3), Esteban Ocon (Alpine/2) dan George Russell (Mercedes/1).

Lando Norris (McLaren) yang tampil keren dengan P3 di  sesi Shootout, akhirnya harus kecewa karena gagal ke 8 Besar. Ia terkendala teknis saat start.

Begitu pula Charles Leclerc (Ferrari) yang justru mundur dari posisi start ke-5 menjadi 8 gara-gara jalan pelan dan menghalangi pembalap lain.

 Verstappen lagi-lagi beri penegasan betapa kuat dirinya saat ini di atas RB19. Balapan hanya 24 laps tapi ia tinggalkan Perez dengan waktu 21 detik di garis finish atau hampir 1 detik di setiap lap. Padahal keduanya punya mobil spek sama. Sainz di P3 bahkan ia tinggal dengan selisih waktu 23 detik.

Tapi, esok Minggu (2/7), masih ada kesempatan buat Leclerc dan Norris  kembali unjuk diri. Leclerc akan memulai  balapan utama GP Austria ini dari front row, bersebelahan dengan Verstappen selaku pole sitter. 

Sedangkan Norris akan memulai race dari P4 di second row, bersebelahan dengan Sainz yang berada di P3. Tentu saja esok akan ada cerita berbeda karena Perez berada di starting grid ke-12.

Dengan tambahan 8 poin, kini Verstappen semakin kokoh di klasemen dengan total poin 203, semakin menjauh dari Perez di urutan 2 dengan poin 133. (rn)

 

 

TERKINI
Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Apresiasi Prestasi Timnas PSSI, Hyundai Berikan Hadiah Hyundai Genesis Electrified G80 Kepada Coach Shin Tae-yong Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi