Hanya Sumsel Bisa Bikin Gawean Besar Termasuk Sirkuit MotoGP

Selasa, 26/01/2016 08:46 WIB

mobilinanews (Palembang) - Tak dipungkiri Sumatera Selatan sukses menggelar SEA Games dan sekarang bersiap menghadapi Asian Games 2018. Belasan triliun rupiah dikucurkan untuk membangun komplek olahraga Jakabaring Palembang.

Maka itu, kalau hanya membuat sirkuit untuk gelaran MotoGP bukanlah pekerjaan susah. Mungkin ini pula yang dimaksudkan Gatot S Dewobrata selaku deputi Kemenpora bagian komunikasi menyebutkan bahwa ada kekuatan besar menggelar MotoGP di sirkuit baru selain Sentul.

“Ya faktanya memang selain pemerintah pusat, hanya Sumsel yang bisa mengerjakan gawe gede. Selain menyulap kawasan Jakabaring sebagai komplek olahraga terbesar. Sebelumnya, kita membangun sirkuit Skyland di tengah hutan senilai Rp 22 miliar di kab Musi Banyuasin,” ungkap Riduan Tumenggung.

Baca juga: motogp/" target="_blank">A Land Sirkuit Baru Pengganti Sentul Untuk Gelar MotoGP?

Saat ini Sumsel telah menyiapkan dua lokasi untuk sirkuit sepanjang 4,2 km di Jakabaring Sport City dan Musi 2 Ujung.
“Pokoknya silakan FIM dan konsultannya atau rekom Dorna yang pilih. Keduanya tanah milik pemerintah daerah Sumsel,” ujar Riduan yang mantan promotor balap itu.

Sirkuit yang rencananya lebih panjang sekitar 250 meter daripada sirkuit Sentul itu  diberi nama A Land Circuit.

Pekan lalu Riduan bersama pejabat terkait dari Pemda Sumsel telah berkonsultasi soal sirkuit A Land Palembang dengan Sadikin Aksa selaku pejabat ketua umum PP IMI didampingi sekjen Jeffrey JP di Jakarta.

Rencana pembangunan sirkuit oleh Pemda Sumsel ini dinilai lebih kongkrit dibanding Menpora atau pejabat yang setara sekalipun. Pasalnya, di era otonomi daerah, pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk itu.

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern