Legiun Pembalap Muda Diprediksi Kuasai Perebutan Tahta Kelas Expert Oneprix 2023 di Tasikmalaya

Rabu, 05/07/2023 02:08 WIB

mobilinanews (Tasikmalaya) - Sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya, Jawa Barat bukan Sirkuit Sabaru Palangkaraya Kalimantan Tengah, dengan trek panjang 1,7 km dan berkarakter high speed. 

Sirkuit Bukit Peusar dengan panjang 1,2 km dan memiliki 13 tikungan (7 ke kanan dan 6 ke kiri) serta ada tanjakan menikung sesuai kontur tanah pegunungan, memiliki tipikal serupa dengan Sentul International Karting Circuit.

Yakni sirkuit yang tehnikal, di mana di sini lebih dibutuhkan skill mumpuni pembalap, dibanding motor itu sendiri.

Ini berbeda dengan sirkuit Sabaru, kesiapan dan ketahanan motor menjadi lebih dominan dibanding pembalapnya.

Maka faktor QTT (juga Superpole) menjadi sangat penting di Bukit Peusar. Pembalap yang bisa start di posisi depan lebih berpeluang menang dan naik podium.

Pasalnya, dengan sirkuit relatif pendek serta durasi balap termasuk singkat 20 - 22 lap (sekitar 1 menit per lap), maka pembalap yang start di row depan sangat diuntungkan.

Dengan dua alasan di atas, pembalap yang berada di kelompok depan akan berusaha sekuat mungkin mempertahankan posisinya, srhingga akan lebih sulit diovertake.

Lalu, siapa pembalap dari kelas OP1 Expert yang akan mendominasi di seri 3 Oneprix Tasikmalaya akhir pekan ini?

Jika dilihat dari track record, sirkuit Bukit Peusar bakal dikuasai para pembalap muda, dengan fisik memadai dan yang tengah on fire di antaranya M Faeroz, Alfi Husni, Adtya Fauzi, Aldiaz Aqsal Ismaya, Hafid Pratama, Riky Ibrahim hingga Lucky Ardiansya.

Bagaimana nama yang lain? Dibutuhkan effort yang lebih keras lagi. AM Fadli, Wawan Wello, Wahyu Aji Trilaksana serta Andy Gilang memang jago di trek panjang seperti ARRC, termasuk sirkuit Sabaru Palangkaraya.

Tapi tidak memiliki track record bagus saat seri Oneprix digelar di SIKC, Bukit Peusar maupun Mijen Semarang merupakan sirkuit pendek dan tehnikal. 

Yang jelas, hampir semua pembalap kelas Expert juga telah familiar dengan sirkuit Bukit Peusar. Dan agak susah menebak siapa yang bakal naik podium.

Pembalap paling siap fisik - mental, settingan motor tepat, bermental juara serta diberi keberuntungan. Mereka lah yang naik podium. Karena Bukit Peusar nggak pernah ingkar janji. (budsan)

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia