Pengalaman Berkesan Menggunakan All-New Yaris Cross Hybrid Saat Melahap Rute Jalan Tol Malang - Surabaya

Rabu, 05/07/2023 11:08 WIB

mobilinanews (Malang) — Hari kedua event Journalist Test Drive All-New Yaris Cross, para jurnalis melakukan test drive di rute tol sejauh sekitar 100 km antara kota Malang dan Surabaya, Selasa (4/7/2023).

Perjalanan tersebut memberikan kesempatan kepada para jurnalis untuk merasakan langsung performance, comfort, dan handling-nya di jalan bebas hambatan, sekaligus mencoba fitur Toyota Safety Sense (TSS).

Bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR), di hari yang sama PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengadakan opening Toyota Terrace dan awarding Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ke-16, serta peresmian Waste Station Toyota di Museum Angkut, Batu, Jawa Timur.

“Penambahan ruas jalan tol sebagai sarana infrastruktur yang penting semakin mempermudah mobilitas kendaraan antar kota antar provinsi di Indonesia. Dengan semangat Mobility for All, All-New Yaris Cross memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman di jalan tol, diperkuat oleh peningkatan performance dari hybrid engine yang powerful, sekaligus menetapkan nilai efisiensi yang tinggi karena lebih hemat bensin dan ultra low emission. Semua benefit tersebut menempatkan Medium SUV ini sebagai kendaraan elektrifikasi yang sangat capable untuk berbagai aktivitas pelanggan yang aktif dan dinamis,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Baru resmi dijual selama 2 minggu sejak 13 Juni lalu, All-New Yaris Cross berhasil membukukan 1.044 SPK secara nasional hingga tutup buku bulan ini.

Variant Hybrid mendominasi dengan perolehan 78%, sedangkan varian Gasoline sebanyak 22%. Capaian positif ini merefleksikan penerimaan kendaraan elektrifikasi Toyota yang semakin meningkat tiap tahunnya dan dipercaya memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat.

Jurnalis nasional kali ini melakukan pengetesan menggunakan All-New Yaris Cross Hybrid EV yang memakai hybrid engine 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW dan torsi 141 Nm, serta motor listrik bertenaga 59 kW dan torsi 121 Nm yang dikendalikan oleh Toyota Hybrid System (THS).

THS mengendalikan tenaga dari kedua sumber daya dan menyinergikannya untuk memperoleh efisiensi tanpa mengorbankan performa sembari menekan emisi gas buang serendah mungkin.

Dengan selalu menerapkan prinsip safety driving, jurnalis mencoba performance 10 unit All-New Yaris Cross di Jalan Tol Malang - Surabaya.

Ketika akselerasi, hybrid engine dan motor listrik bahu-membahu menyalurkan tenaga seoptimal mungkin sehingga tidak membutuhkan bensin terlalu banyak dan target kinerja tercapai.

Beberapa segmen jalan tol yang menanjak panjang juga dilewati dengan baik berkat kolaborasi keduanya.

Saat melaju konstan (cruising), kedua motor penggerak tetap bersinergi menggerakkan roda depan. Bila tenaga dari motor listrik dirasakan berlebih, maka akan disalurkan untuk mengisi daya baterai hybrid.

Sesekali saat daya baterai hybrid sudah penuh dan kebutuhan tenaga di cruising speed tidak terlalu besar, sistem akan berpindah secara otomatis ke mode electric vehicle (EV) yang hanya mengandalkan tenaga dari motor listrik.

Di sini kabin All-New Yaris Cross terasa begitu senyap dan menambah kenyamanan penumpang, bahkan dapat berbisik saat berbicara.

Pengalaman unik tersebut dirasakan langsung oleh para test driver. Bahkan, mereka dapat memantau proses pada THS secara real time via monitor 10.1 inch di tengah dashboard dengan grafis menarik dan mudah dipahami.

Penumpang dapat mengetahui bagaimana sistemnya mengalirkan tenaga dari engine dan motor listrik untuk mendapatkan efisiensi terbaik, termasuk ketika menyimpan tenaga listrik ke baterai hybrid dan mengalirkannya kembali ke motor listrik.

Perjalanan semakin nyaman berkat sistem suspensi Urban SUV ini yang dapat berartikulasi dengan baik mengikuti kontur jalan, ditingkatkan oleh wheelbase 2.620 mm yang membuat gerakan mobil lebih tenang.

All new platform yang solid berpadu bersama sistem suspensi yang diracik dengan mempelajari kondisi jalan di Indonesia, membuat SUV 5-seater ini dapat dikendalikan dengan mudah ketika manuver cepat di jalan tol.

Mobil dapat mengikuti kemauan pengemudi dengan stabil, disertai gejala body roll yang minim untuk sebuah SUV. Fitur Vehicle Stability Control (VSC) menjaga mobil supaya tetap tenang saat menikung di kecepatan tinggi.

Rasa percaya diri pengemudi terjaga dan All-New Yaris Cross begitu fun to drive sepanjang perjalanan.

Tidak ketinggalan, para test driver mencoba sendiri keandalan teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Yang pertama adalah Adaptive Cruise Control (ACC) untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan saat menjelajah di jalan tol.

Sistem ACC dapat membaca jika ada kendaraan lain masuk di antara mobil ini dengan kendaraan di depannya dan menyesuaikan kecepatan sesuai situasi yang berkembang.

Dikombinasikan pula dengan Lane Keeping Control (LKC) yang dirancang untuk bekerjasama dengan ACC dalam membantu menjaga kendaraan supaya tetap berada di lajurnya.

Sistem memonitor marka jalan dan kendaraan di depan, selanjutnya jika diperlukan akan memberikan input kemudi secara otomatis supaya mobil tetap berada di tengah lajurnya.

ACC dan LKC sangat membantu pengemudi supaya tetap aman dalam perjalanan panjang di jalan tol.

All-New Yaris Cross menunjukkan keandalannya di jalan tol dengan memberikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan bermodalkan berbagai fitur canggih dan modern yang dimilikinya," kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.

Sebagai kendaraan elektrifikasi, Urban SUV ini tetap memiliki performance yang kuat dan sanggup mengikuti gaya berkendara pengemudinya tanpa mengorbankan efisiensi.

"Dengan semangat continuous improvement, aplikasi teknologi Toyota Safety Sense (TSS) bersama advance safety features lainnya sangat membantu pengemudi dalam menjaga kewaspadaan, menekan potensi kecelakaan, dan menghadirkan ever-better cars,” imbuh Anton Jimmi Suwandy. (budsan)

TERKINI