Menjajal Toyota All New Yaris Cross Hybrid Jalani Aktivitas dari Surabaya ke Taman Safari Prigen Pasuruan

Kamis, 06/07/2023 15:38 WIB

mobilinanews (Surabaya) - Mengakhiri event Journalist Test Drive All-New Yaris Cross, Urban SUV ini membawa para jurnalis nasional ‘bertualang’ di jalan Surabaya menuju Taman Safari Prigen di Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (5/7/2023).

Jarak tempuh melalui jalan tol kemudian masuk di jalanan kabupaten sebelum sampai "Kebun Binatang", sekitar 1 jam saja.

Banyak hal menarik diperoleh, seperti menguji langsung performanya di kondisi stop and go, merasakan kenyamanannya di tengah padatnya lalu lintas, belajar bagaimana teknologi Toyota Safety Sense (TSS) bekerja menjaga kewaspadaan pengemudi dan memberikan bantuan dalam situasi darurat, serta yang paling unik adalah berkendara ala mobil listrik murni ketika EV Mode diaktifkan.

“Lengkap sudah test drive All-New Yaris Cross dengan mengujinya di jalan yang paling sering dilewati setiap hari yaitu di dalam kota. All new platform milik All-New Yaris Cross menghadirkan dimensi mobil yang kompak sehingga dapat bergerak lincah di tengah lalu lintas perkotaan. Selain itu, kenyamanan terbaik di kelasnya juga didapatkan dari kabin luas, sistem suspensi yang memadai dan wheelbase yang pas, serta fitur interior yang memanjakan penumpang. Sejalan visi menghadirkan ever better cars, aplikasi hybrid engine sangat sesuai untuk mobilitas di jalan yang padat berkat fuel efficiency yang tinggi, powerful, dan emisi gas buang sangat rendah,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Sepuluh unit All-New Yaris Cross 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package langsung menunjukkan keandalannya di kawasan perkotaan saat parkir di area hotel, restoran, dan lokasi wisata yang dikunjungi.

Fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA) segera memberikan notifikasi saat mobil mundur di spot parkir dan seketika ada kendaraan lain lewat. Sementara fitur Panoramic View Monitor dengan video 360 derajat real time dari atas mobil semakin mempermudah manuver di lahan parkir yang sempit.

Jangan lupa pula, radius putar 5,2 meter terbaik di kelasnya dan dimensi bodi yang kompak membuat Medium SUV ini sanggup bermanuver tanpa masalah di area terbatas.

Teknologi Toyota Safety Sense (TSS) turut mendapatkan momentum untuk dicoba langsung. Fitur Pre-collision Warning & Pre-collision Braking (PCWPCB) yang efektif di jalan perkotaan, mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil untuk mencegah kemungkinan tabrakan dengan menyalakan alarm hingga pengereman darurat.

Bekerja di jalan yang macet atau menunggu lampu hijau, Front Departure Alert (FDA) memberikan peringatan suara dan visual ketika mobil di depan sudah mulai bergerak maju namun All-New Cross masih diam karena pengemudinya tidak memantau situasi di depan.

Sempat ramai diberitakan, ada kasus di mana pedal gas tersangkut karpet mobil atau terinjak penuh oleh pengemudi yang membuat mobil tidak terkendali.

Fitur Pedal Missoperation Control (PMC) bertugas mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh pedal gas yang terinjak penuh secara tidak sengaja dengan mengendalikan kecepatan mobil walaupun tidak ada penghalang.

Sistem akan menyalakan alarm peringatan dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan bahkan berhenti.

Bergerak perlahan di tengah kepadatan jalan, kolaborasi antara hybrid engine dan motor listrik kembali menunjukkan kebolehannya.

Keduanya mendistribusikan tenaga yang pas sesuai permintaan test driver. Dalam kondisi stop and go saat lalu lintas tersendat, torsi gabungan yang kuat sangat terasa waktu start. Aktifkan ECO Mode, penghematan bensin didapatkan dari akselerasi mobil yang lebih halus.

Hybrid engine yang efisien turut mempercepat proses charging baterai hybrid. Saat daya baterai terisi penuh, engine akan mati secara otomatis dan kabin seketika menjadi senyap.

Diperkuat bodi kompak dan handling memuaskan, All-New Yaris Cross dapat bermanuver lincah di antara lalu lalang kendaraan.

Lingkar kemudi berbahan kulit sintetis yang nyaman digenggam dan daya pandang keluar yang luas, memberikan nuansa berkendara yang menyenangkan.

Penempatan beberapa driving control di setir membuat pengemudi tidak perlu terlalu sering mengalihkan perhatian ke kokpit untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kehadiran Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengemudi ketika berhenti.

Keterbatasan visual dibantu oleh fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang memberitahu ada kendaraan lain berada di area blind spot mobil melalui sinyal di spion samping.

Digital Video Recorder (DVR) yang sudah termasuk kedalam paket pembelian tipe S, dipakai untuk merekam kejadian di depan mobil dan sebagai bukti ketika ada kejadian tidak terduga.

Tekan tombol EV Mode, pengemudi dapat merasakan langsung pengalaman unik berkendara sebuah Battery Electric Vehicle (BEV) tanpa dukungan hybrid engine.

Meskipun membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan limpahan torsinya yang besar sejak 1 rpm, begitu terbiasa akan terasa sangat menghibur.

Penyaluran tenaga secara instan membuat mobil dapat sigap bergerak. Upaya start saat lampu hijau menyala atau mendahului kendaraan lain dapat berlangsung tanpa kendala meskipun mobil diisi oleh 4 penumpang dan berbagai barang muatan.

Pun ketika lalu lintas tersendat sehingga harus berhenti dan jalan kembali berkali-kali, tenaga dari motor listrik tersalurkan dengan baik sesuai keinginan pengemudi.

Deru hybrid engine yang digantikan oleh desingan motor listrik menyajikan nuansa masa depan di tengah hiruk pikuk jalan.

Sejalan visi continuous improvement, target untuk memperoleh fuel efficiency terbaik dapat dilaksanakan dengan lebih mudah, termasuk memberikan pengalaman berkendara zero emission tanpa gas buang dengan durasi lebih lama.

Lupakan hiruk-pikuk jalan perkotaan, suasana di dalam kabin terasa nyaman seperti berada di dalam ruang keluarga berkat kabin yang lapang dengan headroom dan legroom memadai.

Selain memiliki Panoramic Glass Roof with Power Sunshade, 10.1 Inch Head Unit Display with Wireless Smartphone Connectivity sebagai yang terbesar di kelasnya, memberikan informasi dan hiburan kepada seluruh penumpang.

Multicolor Ambient Illumination Lamp pada console box dan front door trim bersama wireless charger membuatnya tampak mewah dan berkelas.

Push Start System, Immobilizer, dan Smart Entry System, bersama dengan power outlet 12 Volt serta koneksi charger Type B dan Type C menambah kenyamanan berkendara di jalan perkotaan.

Tuntas sudah perjalanan di hari ketiga sejauh 154 km. Sehingga total, perjalanan selama 3 hari event Journalist Test Drive All-New Yaris Cross adalah lebih dari 500 km.

Rute yang sangat menantang selama petualangan, mulai dari jalan antar kota melewati jalur pegunungan yang indah dan berliku, jalan tol dengan kecepatan rata-rata tinggi, hingga mobilitas dalam kota yang padat dan kerap stop and go, dapat dilalui tanpa kendala oleh SUV tangguh ini dengan performa yang meyakinkan.

Sesuai semangat menghadirkan ever better cars, kendaraan elektrifikasi ini terbukti andal karena sanggup menyesuaikan diri dengan kondisi jalan dan kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia.

Meskipun berkendara ke wilayah pegunungan jauh dari kota, pengemudi tetap dapat merasakan langsung performa ala mobil listrik tanpa perlu khawatir kehabisan daya baterai.

Keraguan atas performanya dijawab oleh teknologi THS yang canggih dan adaptif. Kabin luas dengan fungsionalitas tinggi, disandingkan bersama handling menyenangkan dan kenyamanan pas minim gejala limbung.

Berkendara di jalan tol dan area perkotaan juga dapat berlangsung dengan baik tanpa kendala karena Hybrid EV ini sanggup beradaptasi dengan cepat dan segera memberikan performa terbaiknya.

“Dengan semangat Mobility for All, All-New Yaris Cross sanggup menyesuaikan diri dengan kondisi jalan dan kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. Hasil riset dan pengembangan sesuai visi Road Build People and People Build Cars, berhasil diracik secara pas pada kendaraan keluarga millenial ini. Alhasil, selain andal bermobilitas di dalam kota sesuai nama besar Yaris, ia juga begitu andal ketika adventuring dengan karakter berkendara khas SUV Toyota yang sudah teruji sejak lama. Bermodalkan harga kompetitif, All-New Yaris Cross memberikan value for money yang tinggi untuk memperluas penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy. (bs)

TERKINI
6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima 6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima Bamsoet Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway Banten, Untuk Motor dan Mobil WRC 2024 Rally Portugal: 3 Toyota Teratas, Malam Ini Kalle Rovanpera dan Sebastien Ogier Fight Berebut 18 Poin