WRC 2023 Finlandia : Jari-Matti Latvala Turun Gunung Sebagai Perally, Komandan Toyota Gazoo Racing Dipegang Akio Toyoda

Jum'at, 07/07/2023 01:15 WIB

mobilinanews (Finlandia) - Legenda rally Finlandia, Jari-Matti Latvala turun gunung. Ia akan jadi perally ke-4 tim Toyota Gazoo Racing (TGR) di Rally Finlandia pada 3-6 Agustus 2023. Ia korbankan jabatan sebagai team principal TGR.

Latvala pensiun dari WRC pada 2020. Terakhir tampil tahun itu di seri Rally Swedia dengan status private di atas Toyota Yaris. 

Sejak terpilih menjadi team principal TGR menggantikan legenda Finlandia lainnya, Tommi Makinen, hasrat bertarung di kompetisi selalu menghantui Latvala. Terlebih lagi setelah melihat performa Yaris Rally1 yang tahun lalu menjadikan Kalle Rovanpera (Finlandia) menjadi perally termuda juara dunia WRC sepanjang sejarah.

Kesempatan menunaikan hasrat itu bakal terwujud. Latvala menjadi perally ke-4 di atas mobil tim TGR bersama Rovanpera, Elfyn Evans dan Takomoto Katsuta.

Konsekuensinya, ia harus tanggalkan jabatan sebagai komandan tim TGR. Tak mungkin merangkap posisi komandan dan prajurit pada saat sama.

Penggantinya bukan tokoh sembarangan. Ia adalah Akio Toyoda, Chairman Toyota Motor Corporation.

Pada home rally-nya di event berjuluk Rally 1000 Danau nanti Latvala akan didampingi navigator terkenal Finlandia, Juho Hanninen, co-driver yang banyak mendampingi Latvala. Hanninen juga sudah pensiun dan belakangan jadi tester tim TGR.

Latvala tentu tak ingin tampil sekadar fun. Ia ingin mencoba limit kecepatan Yaris Rally1 yang musim 2023 ini dominan di kancah kompetisi.

Menarik menanti kemampuannya melawan para yunior. Tapi, apa pun hasilnya, maka Latvala harus kembali ke posisi sebagai team principal TGR. Menggantikan Toyoda yang kembali lagi ke tampuk pimpinan Toyota Motor Corporation. (rn)

 

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern