F1 2023 Inggris: Alex Albon Masih Bersinar, Lewis Hamilton Terpuruk di Kandang Sendiri

Sabtu, 08/07/2023 00:28 WIB

mobilinanews (Inggris) - Pembalap berdarah Thailand Alex Albon masih jadi trending topic di hari pertama GP Inggris, Silverstone, Jumat (7/7).

Pembalap tim Williams itu lanjutkan tren.positif di sesi FP2. Pertahankan posisi 3 Besar sebagaimana secara mengejutkan ia raih di FP1. Kalau sebelumnya ia dikalahkan tipis oleh Sergio Perez (Red Bull Racing) maka sebaliknya di FP2.

Ia gusur pembalap Meksiko itu ke P4. Albon hanya kalah dari sang juara dunia bertahan Max Verstappen (Red Bull Racing) yang juga tercepat di FP1 dan Carlos Sainz (Ferrari) di posisi kedua.

Dari 8 pembalap dalam 4 tim yang menggunakan mesin Mercedes (Mercedes, McLaren, Aston Martin dan Williams), lagi-lagi Albon yang tercepat. Kalau di FP1 ia kalah 0,4 detik maka di FP2 eks pembalap Red Bull Racing itu bisa pangkas jarak ke Verstappen dengan marjin tinggal 0,2 detik.

Semakin menarik karena driver Williams satunya, Logan Sargeant, sukses menempati peringkat 5 Besar. Ini menjadi konfirmasi kalau sukses P3 di FP1 bukan kebetulan tapi karena besutan tim Williams memang berkembang signifikan di Silverstone.

Belum jelas dari mana kedua pembalap Williams mendapatkan tambahan kecepatan yang terbilang signifikan dibandingkan seri sebelumnya. Yang sudah pasti adalah keluarga besar Williams memang tengah bersemangat masuk Silverstone untuk merayakan penampilan kali ke-800 Williams di kancah F1 sekaligus mengingatkan kejayaan Williams di masa lalu dengan beberapa gelar juara dunia.

Duet pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell lagi-lagi dipermalukan para penyewa mesin Mercedes. Menjadi local.hero, Russell dan Hamilton menutup FP2 pada posisi 12 dan 15. Hamilton yang juara dunia F1 7 kali jistri menjadi terburuk dari 8 pengguna mesin Mercedes.

Kisah buruk lainnya menimpa Charles Leclerc (Ferrari). Saat Sainz mampu mendekati catatan waktu Verstappen dan finish P2, Leclerc malah sama sekali tak bisa menjajal mobilnya. Besutannya tak bisa meninggalkan garasi tim karena masalah pada sistem kelistrikan.

Sesi Sabtu hari ini diisi dengan FP3 plus tiga tahap kualifikasi. Penantian menariknya adalah seperti apa konsistensi kecepatan Albon dan Sergaent di atas Williams?

Dan apakah Mercedes bisa segera menemukan dan menyembuHkan mobil besutan Hamilton dan Russell yang berstatus bintang dan harapan penonton tuan rumah? (rn)

 

TERKINI
Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu Pembalap Honda Alex Palou Puncaku Klasemen IndyCar Series 2024 Jelang Series Historis Indy 500 di Indianapolis